Kompas TV nasional peristiwa

Libur Nataru, Korlantas Siapkan Rest Area

Kompas.tv - 20 Desember 2022, 05:25 WIB
libur-nataru-korlantas-siapkan-rest-area
Salah satu rest area di Tol Trans Jawa. (Sumber: Antara )
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasubdit Audit dan Inspeksi Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol Aries Syahbudin menyatakan pihaknya akan menyiapkan rest area sementara di beberapa pintu keluar tol selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

"Pemerintah juga mengevaluasi, salah satunya kekurangan rest area itu sendiri. Di beberapa pintu keluar tol itu akan disiapkan rest area sementara," kata Aries ketika menyampaikan pemaparan dalam acara bertajuk Kesiapan Infrastruktur dan Protokol Kesehatan Natal dan Tahun Baru, Senin (19/12/2022), dikutip dari Antara.

Aries menyebut bahwa rest area menjadi salah satu sumber kemacetan utama di tol dan sudah terdapat imbauan agar para pengguna rest area tidak menggunakan lebih dari 30 menit.

"Akan tetapi, 'kan tidak mungkin satu per satu kami lihat. Ini menjadi sumber kemacetan, apalagi setelah kami evaluasi di rest area yang letaknya berseberangan," ucap Aries.

Baca Juga: Gelar Rapat Terbatas Bahas Libur Nataru, Jokowi Ingatkan Potensi Pergerakan 44 Juta Orang!

Dia mengimbau masyarakat harus menggunakan rest area dengan bijak. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya kemacetan di tol pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023.

"Imbauan kami kepada masyarakat, bijaklah menggunakan rest area karena yang menggunakan bukan hanya kita," kata Aries.

Rest area sementara yang telah dipersiapkan berada di pintu keluar tol. Dengan demikian, Aries meminta kepada masyarakat untuk tidak menggunakan rest area yang sudah penuh dan menggunakan rest area sementara guna mendukung kelancaran lalu lintas.

"Jadi, di sini rest area ditutup, ke depan lagi itu bisa keluar ke pintu tol paling dekat. Di situ itu disiapkan oleh polres atau disiapkan oleh pemda setempat. Setelah istirahat, baru masuk tol lagi. Jadi, jangan memaksakan rest area yang sudah penuh," kata Aries.

Ia memandang pengamanan liburan Natal dan Tahun Baru 2023 sebagai salah satu momen pemerintah melayani masyarakat.

Seluruh kementerian dan lembaga menyiapkan yang terbaik sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing, baik yang berhubungan dengan kesehatan maupun pengamanan.

Baca Juga: Libur Nataru, Kapolri Sebut Akan Berlakukan Contra Flow dan One Way untuk Urai Kepadatan Lalu Lintas


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x