Kompas TV internasional kompas dunia

Kabar Terkini Kim Jong Un: Sukses Kembangkan Senjata Baru, Diuji Coba Kamis Kemarin

Kompas.tv - 17 Desember 2022, 07:50 WIB
kabar-terkini-kim-jong-un-sukses-kembangkan-senjata-baru-diuji-coba-kamis-kemarin
Arsip foto Kim Jong Un di depan parlemen Korea Utara 8 September 2022. | Kim Jong Un baru saja mendampingi uji coba senjata jenis baru milik Korea Utara pada Kamis (15/2/2022). (Sumber: KNCNA via AP)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Gading Persada

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Korea Utara atau Korut mengklaim bahwa mereka telah sukses melakukan uji coba senjata baru pada Kamis (15/12/2022).

Menurut media lokal Voice of Korea (VOK), Kim Jong Un bersama sekretaris jenderal Partai Buruh Korea dan presiden Komisi Urusan Negara Korea Utara bahkan terlibat langsung sebagai pengawas di lokasi.

"Kim Jong Un memberikan perintah tanda tangannya tentang uji coba penembakan rudal balistik antarbenua tipe baru dari Pasukan Strategis Korut," terang VOK.

Klaim ini datang lebih dari sebulan setelah Korea Utara meluncurkan lusinan rudal dan proyektil di tengah latihan militer bersama yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan di wilayah tersebut.

"Sebuah lembaga penting di bawah Akademi Ilmu Pertahanan berhasil dalam uji tembak statis motor berbahan bakar padat berdaya dorong tinggi dengan daya dorong 140tf (ton-force)," demikian Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan.

"Ini adalah senjata yang pertama dari jenisnya. Uji coba berlangsung di Sohae Satellite Launching Ground, pada 15 Desember 2022 pagi hari," imbuh media pemerintah Korea Utara itu.


Baca Juga: Siap-Siap, Kim Jong-Un Diyakini Bakal Lanjutkan Ancaman Rudal Korea Utara di Tahun Depan

Dijelaskan, tujuan dari pengujian ini adalah untuk memverifikasi semua fitur spesifik teknis, dari motor bahan bakar padat berdaya dorong tinggi, berdasar teknologi pengendalian vektor dorong.

"Uji coba penting ini telah memberikan jaminan teknologi ilmiah yang pasti untuk pengembangan sistem senjata strategis tipe baru lainnya," terang KCNA.

Pengujian Pyongyang terhadap senjata strategis baru itu terjadi di tengah ketegangan yang sedang berlangsung di Semenanjung Korea.

Baca Juga: Kim Jong Un Paksa Rakyat Korea Utara Ganti Nama dengan Arti Partriotik, jika Tidak, Hukuman Menanti


 



Sumber : Kompas TV/VOK/KCNA


BERITA LAINNYA



Close Ads x