Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Murka AS Kirim Rudal Patriot, Ukraina Kembali Dihujani Rudal Jarak Jauh

Kompas.tv - 17 Desember 2022, 02:02 WIB
rusia-murka-as-kirim-rudal-patriot-ukraina-kembali-dihujani-rudal-jarak-jauh
Ibu kota Ukraina kembali mengalami salah satu serangan terbesar dalam perang pada hari Jumat, (16/12/2022) saat Rusia menembakkan puluhan rudal ke seluruh negeri, yang memicu pemadaman listrik darurat yang meluas, kata pejabat Ukraina. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV — Ibu kota Ukraina kembali mengalami salah satu serangan terbesar dalam perang pada Jumat (16/12/2022) saat Rusia menembakkan puluhan rudal ke seluruh negeri termasuk Kiev. Serangan itu memicu pemadaman listrik darurat yang meluas, kata pejabat Ukraina.

Seluruh Ukraina pekak oleh peringatan serangan udara, ditambah tembakan dari sistem pertahanan udara dan dentuman ledakan saat serangan itu menargetkan infrastruktur penting di kota-kota termasuk Kiev, Kharkiv, Kryvyi Rih dan Zaporizhzhia.

Panglima angkatan bersenjata Ukraina mengeklaim, mereka berhasil mencegat 60 dari 76 rudal yang diluncurkan Rusia.

Serangan udara Rusia terhadap pusat pasokan listrik dan air bersih berlangsung sejak pertengahan Oktober, meningkatkan penderitaan penduduk saat musim dingin mendekat. Tetapi militer Ukraina melaporkan mereka makin berhasil mencegat dan menembak jatuh roket dan pesawat tak berawak yang masuk.

Serangan hari Jumat terjadi setelah Amerika Serikat (AS) minggu ini setuju memberikan sistem rudal pertahanan udara canggih Patriot ke Ukraina untuk meningkatkan pertahanan negara.

Kementerian Luar Negeri Rusia pada Kamis (15/12) memperingatkan, sistem canggih dan setiap kru yang menyertainya akan menjadi target yang sah bagi militer Rusia.

AS juga berjanji bulan lalu untuk mengirim peralatan terkait energi senilai 53 juta dollar AS untuk membantu Ukraina menahan serangan terhadap infrastrukturnya.

John Kirby, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, Jumat, mengatakan, tahap pertama dari peralatan dan dukungan teknis tersebut telah tiba di Ukraina.

Baca Juga: AS Siap Kirim Rudal Patriot ke Ukraina, Pertahanan Kiev Makin Canggih Hadapi Rusia

Ibu kota Ukraina kembali mengalami salah satu serangan terbesar dalam perang pada hari Jumat, (16/12/2022) saat Rusia tembakkan puluhan rudal ke seluruh negeri (Sumber: AP Photo)

Lebih dari setengah rudal Rusia yang ditembakkan pada hari Jumat menargetkan ibu kota Ukraina. Pemerintah kota mengatakan Kiev bertahan dari "salah satu serangan roket terbesar" yang dihadapinya sejak Rusia menginvasi Ukraina hampir 10 bulan lalu.

Pasukan pertahanan udara Ukraina mengeklaim berhasil menembak jatuh 37 dari sekitar 40 rudal yang menghujani wilayah udara Kiev, dan satu orang terluka, katanya.

Angkatan udara Ukraina mengatakan pasukan Rusia menembakkan rudal jelajah dari fregat Admiral Makarov di Laut Hitam, sementara rudal jelajah Kh-22 ditembakkan dari pengebom Tu-22M3 jarak jauh di atas Laut Azov, dan pesawat taktis menembakkan peluru kendali.

Di Kryvyi Rih di Ukraina tengah, kampung halaman Presiden Volodymyr Zelenskyy, sebuah rudal menghantam bangunan tempat tinggal berlantai empat dan meninggalkan lubang menganga di lantai atasnya.




Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x