Kompas TV nasional peristiwa

Polemik Iptu Umbaran, Intel Berseragam Wartawan Jadi Kapolsek Blora, Mabes Polri Bilang Begini

Kompas.tv - 15 Desember 2022, 08:05 WIB
polemik-iptu-umbaran-intel-berseragam-wartawan-jadi-kapolsek-blora-mabes-polri-bilang-begini
Kepolisian Sektor (Polsek) Kradenan, Blora, Jawa Tengah kini dipimpin oleh seorang Kapolsek yang belasan tahun dikenal sebagai wartawan di Blora, Iptu Umbaran Wibowo. (dua dari kanan) (Sumber: Kompas.com/Aria Rusta Yuli Pradana)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) angkat bicara soal polemik Iptu Umbaran Wibowo, sosok yang dikenal sebagai wartawan TVRI di Jawa Tengah dan heboh lantaran dilantik Kapolsek Kradenan, Blora. 

Iptu Umbaran disorot lantaran ternyata ia rangkap jabatan sebelum jadi Kapolsek, yakni jadi wartawan sekaligus polisi intel. 

"Ini saya jelaskan peristiwa yang di Blora, kami (Mabes Polri) langsung berkoordinasi dengan Bapak Kapolda, kemudian Kabid Humas. Mereka sudah mengomunikasikan dengan Karo SDM, dan Dirintel kami komunikasikan dahulu," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo, Rabu malam (14/12/2022) dilansir dari Antara.  

Baca Juga: Pratu SH, Anggota TNI AU yang Diduga Pukul Lansia Diamankan Intelijen Lanud

Mabes Polri juga merespons terkait isu pencopotan Iptu Umbaran.  

"Semuanya masih dikomunikasikan terlebih dahulu karena dalam sistem kepolisian, rotasi jabatan setiap anggota Polri harus melalui proses asesmen."

Dedi juga menjawab soal Iptu Umbaran yang jadi wartawan sekaligus intel polisi. Ia diduga rangkap jabatan dan itu disebut menyalahi prosedur.


"Itu harus dipastikan dahulu oleh Wakapolda. Wakapolda harus memastikan terlebih dahulu mekanismenya seperti apa? Terkait dengan ini masih dibicarakan dahulu," ujarnya.

Mekanisme yang dipastikan ini, kata Dedi, adalah terkait dengan promosi Iptu Umbaran.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x