Kompas TV olahraga sapa qatar

Pelatih Argentina: Tidak Diragukan Lagi, Lionel Messi adalah "GOAT"

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 11:40 WIB
pelatih-argentina-tidak-diragukan-lagi-lionel-messi-adalah-goat
Lionel Messi merayakan gol dalam matchday kedua Grup C Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Meksiko, Minggu (27/11/2022) di Stadion Lusail. (Sumber: Twitter FIFA World Cup)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

LUSAIL, KOMPAS.TV - Pelatih Argentina, Lionel Scaloni, mengatakan dengan yakin bahwa Lionel Messi merupakan seorang GOAT (Greates of All Time) atau pemain terbaik sepanjang masa. 

Komentar tersebut terlontar usai Argentina berhasil memastikan diri melaju ke babak final Piala Dunia 2022. 

Pada laga semifinal antara Argentina vs Kroasia yang bertempat di Stadion Lusail, Rabu (14/12/2022), Tim Tango sukses menang dengan skor 3-0. 

Messi tampil menjadi bintang pertandingan dengan catatan 1 gol dan 1 assist. Torehan tersebut membuat Messi memimpin daftar top skor (5 gol) dan top assist (3) Piala Dunia 2022. 

Baca Juga: Kata Lionel Messi usai Antar Argentina ke Final Piala Dunia 2022: Tim Ini Sangat Gila!

Adapun, ini merupakan kedua kalinya Messi mengantarkan Argentina ke babak final Piala Dunia. Pemain berjuluk La Pulga pernah melakukannya pada tahun 2014 silam. 

Messi juga menyamai rekor Lothar Matthaus sebagai penampil paling banyak di putaran final Piala Dunia (25 penampilan). Ditambah, Messi sejajar dengan Pele sebagai pencetak gol terbanyak di fase knock out Piala Dunia (6 gol). 

Lain itu, tambahan satu gol ke gawang Kroasia juga memastikan Messi sebagai top skor sepanjang masa Argentina di ajang Piala Dunia. Dengan catatan 11 gol, Messi mampu melampaui striker legendaris Gabriel Batistuta (10 gol). 

Senarai rekor tersebut memang menjadi sebuah pembuktian bahwa Messi merupakan salah satu pesepakbola terbaik sepanjang masa. 

Namun, trofi Piala Dunia adalah satu-satunya gelar prestisius yang belum pernah didapatkan Messi sepanjang kariernya. Dirinya masih sering dianggap kurang hebat dibandingkan dengan legenda Argentina, Diego Maradona. 

Baca Juga: Rekor-rekor Lionel Messi usai Bantu Argentina Lolos Final Piala Dunia 2022: Lampaui Batistuta

Lionel Scaloni selaku pelatih Argentina menganggap Messi memang pemain sepak bola terbaik sepanjang masa, terlepas belum pernah mendapatkan Piala Dunia. 

"Kadang sebagai orang Argentina, wajar jika kami menyebut (Messi adalah pemain terbaik sepanjang masa), ya karena kami dari Argentina," kata Scaloni dikutip dari Evening Standard, Rabu (14/12). 

"Tetapi, saya tidak memiliki keraguan akan hal itu. Saya sudah mengatakannya sejak lama, bersama dengan para staf pelatih kami." 

"Sebuah kehormatan dapat melatih Messi, melihatnya bermain. Tidak ada lagi yang harus dikatakan soal Messi, beruntung kami memiliknya di tim ini," imbuh Scaloni. 

Baca Juga: Ibrahimovic: Messi akan Mengangkat Trofi Piala Dunia 2022

 



Sumber : Kompas TV/Evening Standard


BERITA LAINNYA



Close Ads x