Kompas TV nasional hukum

Ini Deretan Fakta Menarik saat Ferdy Sambo, Kuat Ma ruf, dan Ricky Rizal Bersaksi di Persidangan

Kompas.tv - 11 Desember 2022, 08:56 WIB
ini-deretan-fakta-menarik-saat-ferdy-sambo-kuat-ma-ruf-dan-ricky-rizal-bersaksi-di-persidangan
Terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo, memasuki ruangan menjelang sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (6/12/2022). (Sumber: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pekan lalu, Ferdy Sambo, Kuat Ma’ruf, dan Ricky Rizal bersaksi dalam sidang kasus pembunuhan berencana Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Sidang pun masih berlanjut hingga beberapa pekan ke depan. Setelah selesai dengan kesaksian dari saksi fakta dan mahkota, sidang akan berlanjut dengan menggali keterangan dari saksi ahli.

Sebelum kembali mengikuti sidang lanjutan pembunuhan Yosua, KOMPAS.TV akan mengulas sejumlah fakta persidangan di pekan lalu saat Ricky Rizal Wibowo, Kuat Ma’ruf, dan Ferdy Sambo menjadi saksi.

Dimulai dari saat Ricky Rizal Wibowo bersaksi untuk terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu dan Kuat Ma’ruf.

Baca Juga: Hakim Sidang Sambo Sebut Kuat dan Ricky Buta Tuli, Romli Atmasasmita: Ini Pelanggaran Kode Etik

Hakim Wahyu Iman Santoso mengatakan, keterangan Ricky Rizal tidak masuk akal dan bohong. Satu di antaranya adalah soal alasan Ricky mengamankan senjata milik Brigadir J hingga pengakuannya yang tidak tahu saat Ferdy Sambo menembak.

Saat itu, Hakim pun mengingatkan kepada Ricky Rizal Wibowo untuk memberikan kesaksian jujur dan tidak mengorbankan anak dan istrinya.

“Kamu berkorban, mengorbankan masa depan anak-anakmu untuk nutupin ini semua, sampai hari ini kamu masih mencoba nutupin. Seolah-olah saya percaya dengan cerita kamu, dari tadi saya diamin saja cerita kamu,” kata Hakim.

Bukan hanya hakim tapi juga jaksa penuntut umum mempertanyakan kesaksian Ricky Rizal yang tidak tahu saat Ferdy Sambo menembak Yosua.

Baca Juga: Romli Atmasasmita: Kejujuran Richard Eliezer Nyata, kalau Ferdy Sambo Saya Tidak Percaya Dia Jujur

Lantaran saat peristiwa, Ricky Rizal ada di ruangan yang sama dengan Ferdy Sambo.

“Tapi kan kalimat itu setelah kalimat yang saudara dengar (perintah Ferdy Sambo kepada Bharada E untuk hajar Yosua). Apakah saudara menutup telinga setelah itu?” tanya JPU.

Namun, terlepas dari keraguan hakim dan JPU, ada hal yang jauh lebih menarik saat Ricky Rizal bersaksi.

Yakni, saat Ricky Rizal menjawab pertanyaan JPU dan keceplosan Ferdy Sambo menggunakan sarung tangan lalu kemudian diralat menjadi masker hitam.

Dalam beberapa kali persidangan, sarung tangan hitam yang diduga digunakan Ferdy Sambo menjadi hal penting yang terus digali.

Hal itu diduga karena bisa memperkuat unsur pembunuhan berencana terhadap Yosua.

Baca Juga: Sambo Sebut Hasil Tes Lie Detector Tak Bisa Jadi Bukti, Romli Atmasasmita pun Beri Jawaban Menohok

“Anda memperhatikan saudara FS menembak ke dinding, itu penglihatan yang sama dengan tangan yang menembak itu, apakah menggunakan sarung tangan atau tidak. Jangan jawabnya tidak yakin,” ujar JPU.

“Siap, waktu itu saya tahunya sarung tang,, eh apa, masker warna hitam,” jawab Ricky Rizal.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x