Kompas TV kolom budiman tanuredjo

Seks di Luar Nikah Bisa Kena Pidana, Indonesia Disorot Media Asing! OPINI BUDIMAN

Sabtu, 10 Desember 2022 | 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS TV - Pemerintah dan DPR sedang berbangga. RKUHP akhirnya disahkan. Banyak hal yang diatur didalamnya.

Mulai dari urusan hukum adat, urusan moralitas, privasti, penghinaan terhadap lembaga negara, korupsi, narkotika, tindak pidana kemanusiaan, sampai urusan kabar bohong.

Ada beberapa pasal yang jadi sorotan publik, salah satunya pasal tentang perzinaan.

Sejumlah media asing ikut menyorot aturan tersebut, fokus pada pasa soal hubungan seks di luar pernikahan atau kumpul kebo.

Salah satu artikel New York Times berjudul ‘In Sweeping Legal Overhaul, Indonesia Outlaws Sex Outside Marriage’ misalnya.

Tak hanya itu, ada juga artikel dari Wall Street Journal yang berjudul ‘Indonesia Bans Sex Outside Marriage’ yang juga menyoroti RKUHP terfokus pada pasal perzinaan.

Banyak pasal dalam RKUHP yang baik, namun intervensi negara pada urusan privat bisa saja jadi gangguan.

Seks di luar nikah dipandang sebagai urusan moralitas.

Wamenkumham Edward Omar Sharief Hiariej mengakui bahwa pasal perzinaan dan kohabitasi adalah yang paling sulit ditemukan titik temunya.

Yang bermasalah bukan hanya soal pasal perzinaan saja nyatanya, masih ada pasal yang mengatur berita bohong dan dilebih-lebihkan.

Pertanyaannya, siapa yang menilai berita itu bohong dan dilebih-lebihkan?

Video Editor: Laurensius Galih


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x