Kompas TV entertainment selebriti

Prosesi Siraman Pernikahan Kaesang Erina Dimulai: Mempelai Perempuan Jalani 7 Upacara di Yogyakarta

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:47 WIB
prosesi-siraman-pernikahan-kaesang-erina-dimulai-mempelai-perempuan-jalani-7-upacara-di-yogyakarta
Foto dari layar tv pool yang menunjukkan momen Erina Sofia Gudono (tengah) diapit Gusti Kanjeng Ratu Hemas dan ibu, Sofiatun Gudono menjelang prosesi siraman di kediaman Erina di Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, DIY, Jumat (9/12/2022). (Sumber: Kompas.tv/Danang Suryo)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Pada Jumat pagi ini (9/12/2022), Erina Gudono yang adalah calon mempelai perempuan dari pasangan Kaesang Pangarep menjalani prosesi siraman di kediamannya, Sleman, DI Yogyakarta.

Dalam prosesi tersebut, Erina menjalani tujuh upacara adat.

Pemilik pengatur pernikahan, Pengantin Production Wigung Wratsangka menyebutkan, hari ini ada tujuh upacara yang dilaksanakan Erina antara lain, upacara adat majang tarub, cethik geni, adang sepisanan, ngracik tirta siraman, noto lemek palenggahan, majang pasarean.

“Lanjut, sungkeman kepada ibu, langkahan kepada kakaknya yaitu Allen dan Nadia, serta sungkeman ke GKR Hemas dan kepada Gusti Putri Paku Alam X,” papar Wigung kepada awak media di Yogyakarta, Jumat.

Sebelumnya diberitakan KOMPAS.TV,  Wigung juga mengungkapkan Erina Sofia Gudono menggunakan batik Yogyakarta dengan motif nogosari dan grompol dalam adat siraman.

"Saat siraman Erina akan mengenakan kain batik yogyakarta motif nogosari dan grompol. Simbol cinta dan kesetiaan," jelasnya ketika ditemui di lokasi siraman Erina.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Ibu Negara Sudah Pasang Bleketepe, Tanda Siraman Kaesang-Erina Dimulai

Sementara Wigung masih belum membocorkan apa paes yang akan digunakan Erina.

"Kalau tidak paes yogya atau paes putri. Biar penasaran," ujarnya.

Hari ini tema warna baju pernikahan adalah hijau. Wigung mengatakan hal itu merupakan lambang harapan dan lambang kesuburan.


 

Adapun pernikahan Kaesang dan Erina akan dilangsungkan pada 10 Desember 2022. Kemudian, pada Minggu (11/12) bakal diadakan acara ngunduh mantu dan gala dinner di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah.

Beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju pun nampak terlibat mempersiapkan acara tersebut seperti Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x