Kompas TV entertainment selebriti

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Sudah Pasang Bleketepe, Tanda Siraman Kaesang-Erina Dimulai

Kompas.tv - 9 Desember 2022, 09:19 WIB
presiden-jokowi-dan-ibu-negara-sudah-pasang-bleketepe-tanda-siraman-kaesang-erina-dimulai
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasang bleketepe sebagai tanda prosesi siraman anak bungsu mereka, Kaesang Pangarep, dimulai Jumat (9/12/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi memasang bleketepe sebagai tanda prosesi siraman anak bungsu mereka, Kaesang Pangarep, dimulai Jumat (9/12/2022) pagi.

Sekitar pukul 08.00 WIB, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tampak didampingi oleh putri mereka, Kahiyang Ayu, beserta sang suami, Bobby Nasution, menjalankan prosesi pemasangan bleketepe di rumah pribadi Presiden Jokowi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah.

Presiden Jokowi dan Bobby Nasution kompak mengenakan pakaian adat Jawa, beskap, berwarna magenta.

Mengutip tayangan program Live di Kompas TV, tampak Iriana dan Kahiyang menggunakan kebaya berwarna hijau muda dengan motif bunga berwarna magenta.

Awalnya, Presiden Jokowi menaiki anak tangga untuk memasang bleketepe alias anyaman dari daun kelapa berwarna hijau di atas tarub atau dekorasi yang tampak seperti gapura di halaman rumah mereka.

Selanjutnya, Iriana dan Kahiyang membuka kantong atau blongsong buah pisang raja yang terpasang di bagian kanan dan kiri bleketepe yang telah dipasang Presiden Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu juga tampak membawakan segenggam padi untuk dipasang oleh Iriana di atas pisang setandan yang telah dibuka kantongnya.

Pemasangan bleketepe tersebut menandai acara siraman pengantin, Kaesang dan Erina, telah dimulai.

Baca Juga: Rangkaian Acara Pernikahan Kaesang-Erina: Begini Pantauan Prosesi Siraman di Yogyakarta

Selanjutnya, mereka melewati tarub dan melangkah menuju lokasi siraman Kaesang di kediaman mereka diikuti oleh rombongan tamu undangan yang hadir.

Iriana Jokowi membuka kantong atau blongsong buah pisang raja yang terpasang di bagian kanan dan kiri bleketepe yang telah dipasang Presiden Jokowi, Jumat (9/12/2022) di kediaman mereka di Solo. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV/Nadia Intan Fajarlie)

Tampak adik Jokowi, Idayati dan suaminya yang merupakan Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman juga menghadiri prosesi pasang bleketepe dan siraman Kaesang di rumah pribadi Jokowi.

Sebagaimana telah diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, air siraman Kaesang berasal dari tujuh sumber.

Tujuh sumber mata air tersebut yakni, air dari rumah nenek Kaesang yang juga almarhumah ibunda Jokowi, air dari rumah pribadi Jokowi, air dari Masjid Agung Solo, dan air dari Masjid Al Wustho (salah satu masjid tertua di Solo).

Kemudian, air dari Keraton Solo, air dari Pura Mangkunegaran, serta air dari Umbul Pengging.

Baca Juga: Jelang Prosesi Siraman Kaesang, Air dari 7 Sumber Disiapkan, 3 Menteri Hadir

Makna dari tujuh air ini adalah Kaesang dan Erina Gudono selalu saling tolong-menolong dalam suka maupun duka.

Selain keluarga inti, tampak sejumlah menteri hadir sebagai tamu undangan dalam proses siraman Kaesang itu.


 

Tiga menteri Presiden Jokowi yang tampak hadir dalam proses siraman Kaesang, yakni Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia, Hadi Tjahjanto; Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan; dan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.