Kompas TV entertainment selebriti

Pernikahan Kaesang-Erina: Pagi Ini Calon Pengantin Jalani Prosesi Siraman, Ada Tradisi Cethik Geni

Kompas.tv - 9 Desember 2022, 05:52 WIB
pernikahan-kaesang-erina-pagi-ini-calon-pengantin-jalani-prosesi-siraman-ada-tradisi-cethik-geni
Foto prewedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di bawah pohon beringin tuai sorotan netizen. (Sumber: Instagram/@erinagudono)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, serta calon istri Kaesang, Erina Gudono, akan menjalani prosesi siraman di Yogyakarta dan Solo pagi ini, Jumat (9/12/2022).

Prosesi siraman Erina akan dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB di rumahnya di Dusun Purwosari RT 03/ RW 59 Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sementara itu, Kaesang juga akan menjalani prosesi siraman di rumahnya di Solo pada waktu hampir bersamaan.

Selain siraman, keluarga Erina juga akan menjalani prosesi adat 'Cethik Geni Pisanan' pada hari ini, Jumat (9/12). 

Tradisi ini akan dilakukan oleh pihak keluarga Erina sebagai simbol menyalakan api pertama untuk menjamu tamu. Membuat api yang pertama inilah disebut cethik geni.

"Yang nyethik (geni) nanti Bapak atau yang mewakili (dari keluarga Erina)," kata salah seorang panitia acara, Anjas Larasati, saat mempersiapkan dekorasi di depan rumah Erina, Rabu (7/12/2022), dikutip dari pemberitaan Kompas TV.

Baca Juga: Pedagang Angkringan di Solo Dapat Undangan Pernikahan Kaesang-Erina: Bangga, Saya Orang Kecil

Dalam tradisi cehtik geni ini, dekorasi dapur kuno dibuat di bagian depan rumah Erina, tepatnya di garasi. 

Dapur kuno tersebut terbuat dari gedek (anyaman bambu), anyaman jerami dan peralatan masak zaman dahulu seperti gerabah, kayu maupun kuningan.

Anjas mengatakan, dalam tradisi cethik geni ini yang dimasak biasanya adalah beras atau masak nasi pertama. Tradisi ini dilakukan bagi keluarga di Yogyakarta yang memiliki hajat mantu pertama.


"Kalau di Jogja mantu pertama. Menandakan hajat mantu pisanan. (Yang cethik geni), orangtua dari mantu putri atau yang mewakili," ujar Anjas.

Rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina selanjutnya adalah akad nikah yang akan digelar pada Sabtu (10/12/2022) di Hotel Royal Ambarukmo, Sleman, DIY.

Sebagaimana telah dikabarkan KOMPAS.TV sebelumnya, mas kawin pernikahan Kaesang dan Erina ialah seperangkat alat salat dan uang tunai Rp300 ribu.

Pada acara akad nikah tersebut, keluarga calon pengantin hanya mengundang sekitar 150 undangan.

Baca Juga: Jelang Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Keluarga Jokowi Gelar Pengajian di Solo

Selanjutnya, pada Minggu (11/12), Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi akan mengadakan acara ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran, Solo. 

Kedua pengantin akan memulai kirab menggunakan kereta kencana dari Loji Gandrung, yang merupakan kantor Wali Kota Solo, menuju Pura Mangkunegaran.

Kirab akan dimulai pada pukul 08.30 WIB dan acara resepsi akan dimulai pada pukul 09.30 WIB.

Rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina pada Sabtu (10/12) dan Minggu (11/12) dapat Anda saksikan secara langsung di Kompas TV.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x