Kompas TV regional berita daerah

Sejarawan: Jokowi Ingin Kuatkan Citra Sebagai Penguasa

Kompas.tv - 6 Desember 2022, 13:31 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, dipilih oleh keluarga Presiden Joko Widodo, sebagai lokasi resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Sejarawan menyebut, Pura Mangkunegaran merupakan simbol dari Mataram Islam di tanah Jawa yang masih lestari seperti halnya Keraton Kasunanan Surakarta serta Kesultanan dan Pakualam di Yogyakarta.

Dari sisi filosofi, pemilihan Pura Mangkunegaran sebagai tempat resepsi Kaesang dengan Erina sebagai penguatan citra Joko Widodo sebagai penguasa atau raja. Ini ditunjukkan dengan sejumlah kebiasaan yang dimulai sejak Joko Widodo menjabat Wali Kota Solo hingga Presiden Republik Indonesia.

"Menariknya di sini, Jokowi bermain citra, untuk penguatannya sebagai raja Jawa. Kita bisa melihat track record Jokowi, mulai zaman wali kota itu ada kirab, naik kuda," jar Heri Priyatmoko, sejarawan.

"Itulah yang saya sebutkan bahwa Jokowi tidak bisa meninggalkan alam kekuasaan Jawa. Bahwa Solo memang kota kerajaan, ingin menampilkan pada publik dengan cara yang sangat soft, dengan sangat indah," tambahnya.

Terlepas dari tafsir-tafsir tersebut, momen pernikahan Kaesang ini memang terlihat lebih megah dibandingkan kakak-kakaknya. Selain dihelat di dua kota simbol Mataram Islam, juga digelar di salah satu bagian Kerajaan Mataram yang masih lestari.

#jokowi #kaesang #pernikahankaesang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x