Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi: Relokasi Korban Gempa Cianjur Dimulai Hari Ini

Kompas.tv - 5 Desember 2022, 09:49 WIB
jokowi-relokasi-korban-gempa-cianjur-dimulai-hari-ini
Presiden Joko Widodo mengatakan relokasi korban terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat, dimulai hari ini. (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

CIANJUR, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo mengatakan relokasi korban terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat, dimulai hari ini, Senin (5/12/2022).

Keterangan itu disampaikan Presiden Jokowi saat meninjau korban gempa Cianjur, Senin (5/12/2022).

“Untuk pengungsi, tadi kita lihat semuanya sehat, yang paling banyak memang ingin agar segera pembangunan rumahnya dimulai,” ucap Jokowi.

“Oleh sebab itu, pagi hari ini saya ke sini untuk memastikan bahwa pertama yang relokasi hari ini dimulai pembangunannya, hari ini rekolasi dimulai pembangunannya.”

Terkait relokasi, Presiden Jokowi mengaku tidak memberikan tengat waktu harus diselesaikan dalam waktu berapa lama.

Mengingat, korban terdampak gempa Cianjur totalnya mencapai 56 ribu keluarga.

Baca Juga: Hati Ibu Richard Eliezer Hancur saat Anaknya Menangis dan Ucapkan: Mamak, Saya Sudah Sangat Tersiksa

“Ini kan jumlahnya tidak sedikit, totalnya 56 ribu, kita ingin secepat-cepatnya tapi tidak dibatasi oleh waktu, kita ingin secepat-cepatnya tapi tidak dibatasi oleh waktu dan secepat-cepatnya dimulainya, secepat-cepatnya selesai,” kata Jokowi.


 

“Karena masyarakat sudah kehujanan, kedinginan di tenda-tenda,” kata Jokowi.

Kemudian, Jokowi menuturkan pemerintah juga akan menyalurkan bantuan kepada korban gempa Cianjur, Jawa Barat pada Kamis pekan ini.

“Nanti hari Kamis, ini baru persiapan, termasuk verifikasi semuanya selesai nanti hari Kamis untuk bantuan yang bukan relokasi, yang bantuan Rp50 juta, Rp25 juta, dan Ro10 juta juga akan diberikan, hari Kamis dimulai,” ujar Jokowi.

“Sehingga masyarakat mulai ikut beraktivitas membangun rumahnya, membantu membangun rumahnya, kita harapkan juga ada kegiatan masyarakat, ada kegiatan ekonomis, ada pergerakan ekonomi. Itu yang kita harapkan ya,” kata Jokowi.

Baca Juga: Jerit Hati Orangtua saat Richard Eliezer Pakai Baju Tahanan: Hancur Hati Saya, Ini Mengguncang

Dalam keterangannya, Persiden Jokowi menuturkan bantuan terhadap warga Cianjur yang terdampak gempa akan diberikan secara langsung atau pun melalui tabungan.

“Sistemnya sudah disiapkan, dan ini saya datang ke sini untuk mengecek persiapan itu,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Cianjur Jawa Barat didampingi oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x