Kompas TV nasional update

Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas, Sebagian Warga Mengungsi, Beberapa Jalur Ditutup

Kompas.tv - 4 Desember 2022, 13:14 WIB
gunung-semeru-keluarkan-awan-panas-sebagian-warga-mengungsi-beberapa-jalur-ditutup
Erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur pagi ini, Minggu (4/12/2022). (Sumber: PVMBG KESDM)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Gunung Semeru kembali meluncurkan awan panas pada Minggu (4/12/2022) sehingga menyebabkan sebagian warga mengungsi secara mandiri.

Berdasarkan laporan dari jurnalis Kompas TV Abdul Rohman, pada pukul 11.05 WIB siang ini panjang aliran awan panas dari kawah Gunung Semeru telah mencapai 10 kilometer.

Awan panas itu bergerak menuju Curah Kobokan ke arah Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Penduduk di sejumlah daerah terdampak, di antaranya Curah Kobokan, Dusun Kajar Kuning, Desa Sumber Wuluh, dan Desa Penanggal Lumajang telah mengungsi secara mandiri.

Sementara itu, pemerintah daerah sudah menutup jalur Curah Kobokan yang berada di wilayah selatan Kabupaten Lumajang, sehingga sudah tidak ada lagi aktivitas warga di daerah tersebut.

Sejumlah petugas keamanan, termasuk TNI juga disiagakan untuk berjaga di daerah pintu masuk wilayah Kabupaten Malang agar masyarakat tidak melintas di daerah Curah Kobokan.

Pasukan gabungan itu disiagakan di sisi timur maupun selatan Kabupaten Lumajang. Selain itu, petugas dari Dinas Sosial dan ambulans juga berjaga di sejumlah titik.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi 3 Kali Berturut-turut pada Awal Desember 2022, Status Siaga

Berdasarkan keterangan resmi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), gunung tertinggi di Jawa Timur itu berstatus siaga sejak 16 Desember 2021.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x