Kompas TV entertainment selebriti

Agustin, Kuda Langganan Keluarga Besar Jokowi, Bakal Tarik Kereta Kaesang-Erina?

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:24 WIB
agustin-kuda-langganan-keluarga-besar-jokowi-bakal-tarik-kereta-kaesang-erina
Kuda bernama Agustin yang sering dipakai oleh Presiden Jokowi juga akan digunakan dalam kirab kereta kencana pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono (Sumber: Kompast.v/Dimas WPS)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Agustin, kuda berjenis Kape milik warga asal Solo, Mas Ngabehi Mudjiono diketahui menjadi kuda langganan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam acara kirab atau pernikahan.

Diketahui, Agustin termasuk ke dalam 28 kuda yang terpilih untuk kirab pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangareng dengan kekasihnya, Erina Gudono.

Kirab tersebut akan diikuti oleh keluarga besar Jokowi dan keluarga Erina mulai dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran.

Kendati demikian, sang pemilik kuda, Mudjiono belum bisa memastikan apakah Agustin akan menarik kereta Kaesang dan Erina atau tidak.

Baca Juga: 2.188 Polisi akan Diterjunkan, Ini Rute Kirab Pernikahan Kaesang-Erina dari Loji Gandrung

"Belum tahu, besok akan saya gladi semua, teman-teman (semua kuda) saya kumpulkan jadi satu," kata Mudjiono kepada TribunSolo.com, Sabtu (3/12/2022).

"Saya sudah punya kira-kira mana saja, tapi karena belum dicoba, saya tidak berani mengatakannya. Semisal sudah dicoba (dan hasilnya baik), itu baru tahu," tambahnya

Mengenal Agustin

Melansir Kompas.com, Agustin merupakan hasil persilangan induk kuda lokas dan pejantan impor Australia. Jenis ini disebut dengan kuda generasi 'G'. 

Nama kuda "Agustin" sudah tak asing lagi karena sudah menjadi kuda langganan Jokowi sejak dirinya menjadi Wali Kota Solo, Jawa Tengah.

Agustin menjadi salah satu kuda yang menarik kereta yang menarik kereta Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat menjadi Gubernur DKI Jakarta dalam acara Kirab Budaya pada 8 Desember 2013. 


 

Agustin juga menjadi salah satu dari empat kuda yang menarik kereta kencana Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam rangkaian perayaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Jakarta pada 20 Oktober 2014. 

Agustin bahkan nyaris kembali dipercaya untuk menarik kereta saat kirab setelah pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin setelah dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden.

Baca Juga: Jelang Pernikahan Kaesang, Luhut Datangi Rumah Erina Gudono di Sleman

Kuda ini juga tak pernah absen dalam acara kirab pernikahan dua anak Jokowi yakni Kahiyang Ayu dan Gibran Rakabuming Raka.

Agustin dan 3 kereta kuda lainnya dipilih dalam pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan istrinya, Selvi Ananda pada 11 Juni 2015.

Agustin dan kuda bernama Srikandi ikut menarik kereta Kahiyang Ayu dalam pernikahannya dengan Bobby Nasution di Graha Saba, Solo, 8 November 2017 lalu.


Sumber : Kompas TV, Tribun Solo

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Jaksa Nilai Pengacara Ferdy Sambo Tidak Profesional

Sabtu, 28 Januari 2023 | 23:55 WIB
Close Ads x