Kompas TV entertainment selebriti

2.188 Polisi akan Diterjunkan, Ini Rute Kirab Pernikahan Kaesang-Erina dari Loji Gandrung

Kompas.tv - 4 Desember 2022, 10:30 WIB
2-188-polisi-akan-diterjunkan-ini-rute-kirab-pernikahan-kaesang-erina-dari-loji-gandrung
Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes M Iqbal Alqudusy. (Sumber: Humas Polda Jateng)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol M Iqbal Alqudussy mengatakan pihaknya telah menyiapkan 2.188 personel untuk mengawal pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Kota Solo, Jawa Tengah.

Ribuan personel itu nantinya akan mengamankan dari kegiatan siraman di Sumber kediaman Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan kirab dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran.

"Sebanyak 2.188 personel itu akan dibagi dalam 5 satgas dan akan ditugaskan untuk mengadakan pengamanan di lima titik yaitu lokasi siraman di kediaman Presiden, lokasi start kirab di Loji Gandrung, Rute Kirab serta Pura Mangkunegaran," kata Iqbal, Sabtu (3/12/2022) dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Hari Ini Polisi Lakukan Tactical Floor Game Jelang Pernikahan Kaesang-Erina, Apa Itu?

Iqbal lantas memaparkan, Polda Jateng juga menyiapkan 86 kendaraan roda dua dan 94 kendaraan roda empat guna mendukung pengamanan kegiatan. 

"Semuanya sudah dalam kondisi siap dan bisa digunakan sewaktu-waktu," ungkapnya.

Di samping itu, ia menegaskan lokasi-lokasi di Solo lainnya tetap menjadi prioritas pengamanan.


 

Rute Kirab Pernikahan Kaesang dan Erina.

Iqbal mengatakan, rute kirab pernikahan Kaesang dan Erina akan diawali dari Loji Gandrung dan diakhiri di Pura Mangkunegaran.

"Adapun rute kirab diawali mulai depan Lodji Gandrung dan melalui ruas jalan yaitu Simpang tiga Sriwedari, Simpang tiga Pengadilan, Simpang empat Novotel dan seterusnya hingga nanti finish di Gapura Mangkunegaran," tuturnya.

Polda Jateng, lanjutnya, telah menyiapkan pengamanan mengingat ribuan warga diprediksi akan memenuhi jalan untuk menyaksikan kirab.

Baca Juga: Fakta-fakta 6.000 Undangan Kaesang-Erina, Tak Terima Sumbangan hingga Tak Boleh Bawa Mobil Pribadi

"Namun untuk kesuksesan seluruh rangkaian acara, kita mohon doa restu, kerjasama serta partisipasi dari seluruh komponen masyarakat," tambah Kabid Humas.

Terkait dengan arus lalu lintas, pihaknya telah menyiapkan tim urai ini yang akan terhubung dengan Traffic Management Center (TMC) Polresta Solo untuk menginformasikan titik-titik kemacetan yang membutuhkan pengaturan lalu lintas 

"Tim ini akan memantau perkembangan informasi dan siap membantu mengarahkan pengguna jalan bila terjadi crowded sehingga tidak menimbulkan kemacetan serius di jalan raya," ungkap Iqbal.

Adapun rekayasa lalu lintas akan diterapkan terutama saat kirab yang akan dilakukan mulai Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran. 



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x