Kompas TV olahraga sapa qatar

Mengenal Cho Gue-sung, Penyerang Korea Selatan yang Viral karena Ganteng

Kompas.tv - 3 Desember 2022, 19:00 WIB
mengenal-cho-gue-sung-penyerang-korea-selatan-yang-viral-karena-ganteng
Ilustrasi. Pemain Timnas Korea Selatan, Cho Gue-sung, berteriak merayakan gol yang dicetaknya dalam laga grup H Piala Dunia 2022 antara Korea Selatan dan Ghana di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Senin, 28 November 2022. (Sumber: AP Photo/Lee Jin-man)

DOHA, KOMPAS.TV - Hanya dalam kurun beberapa hari, profil penyerang Korea Selatan, Cho Gue-sung meroket dari striker biasa K-League 1 menjadi sensasi Piala Dunia 2022. Selain karena mencetak sepasang gol pertama Taeguk Warriors di turnamen ini, Cho viral karena ganteng.

Menurut laporan The Athletic, Jumat (2/12/2022), saking viralnya, Cho mesti mematikan ponsel di kamp latihan karena banjir notifikasi. Sebagian fans bahkan langsung minta dilamar oleh striker Jeonbuk Hyundai Motors.

"Dia (Cho Gue-sung ) butuh istirahat," kata Seon Jung-hwan, jurnalis Korea Selatan di Qatar kepada The Athletic.

"Ponselnya berbunyi terus sepanjang malam. Itu membuatnya terus terjaga. Dia berusaha konsentrasi ke sepak bola dan, sepanjang waktu, pesan-pesan terus masuk," lanjutnya.

Baca Juga: Dendam Ghana Terbayar Tuntas usai Uruguay Tersingkir, Suporter Black Stars Rayakan Kemenangan Korea

Di Piala Dunia 2022, Cho mulai menunjukkan tajinya ketika pertandingan Korea Selatan vs Ghana, Senin (28/11) lalu. Sang pemain sukses mencetak dua gol sundulan kendati timnya akhirnya kalah 2-3.

Setelah itu, popularitas Cho meledak di jagat maya. Pada awal Piala Dunia 2022, pengikutnya di Instagram hanya sekitar 20.000 pengguna. Saat berita ini diturunkan, pengikutnya bertambah menjadi 2 juta pengguna.

Jurnalis Korea Selatan, Hyunsu Yim pun sempat menguji popularitas Cho di Instagram. Ia menyematkan video Cho sedang duduk di bangku cadangan, hanya berkedip dan mengusap muka. Namun, video sederhana ini sudah ditonton 7,7 juta kali.

Profil Cho Gue-sung

Cho Gue-sung lahir di Ansan, Korea Selatan pada 25 Januari 1998. Ia tadinya berposisi sebagai gelandang bertahan, tetapi diubah menjadi striker ketika bermain untuk Gwangju University.

Penyerang berpostur 1,88 m ini memulai karier profesional di FC Anyang, klub divisi kedua Korea Selatan. Usai menjadi top skor ketiga kompetisi, Cho direkrut oleh Jeonbuk Hyunadi Motors.

Bersama klub raksasa Korea Selatan ini, Cho telah tampil 45 kali dan mencetak 16 gol. Pada musim 2021 dan 2022, ia sempat dipinjamkan ke Gimcheon Sangmu dan mencetak 21 gol dari 51 pertandingan.

Baca Juga: Alasan FIFA Sahkan Gol Kontroversial Jepang ke Gawang Spanyol yang Bikin Jerman Pulang Kampung

 



Sumber : The Athletic


BERITA LAINNYA



Close Ads x