Kompas TV olahraga sapa qatar

Alasan FIFA Sahkan Gol Kontroversial Jepang ke Gawang Spanyol yang Bikin Jerman Pulang Kampung

Kompas.tv - 3 Desember 2022, 14:54 WIB
alasan-fifa-sahkan-gol-kontroversial-jepang-ke-gawang-spanyol-yang-bikin-jerman-pulang-kampung
Pemain Timnas Jepang, Kaoru Mitoma, tampak menahan bola di atas garis sebelum melakukan tendangan silang ke gawang Spanyol dalam laga grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Kamis, 1 Desember 2022 atau Jumat WIB. (Sumber: AP Photo/Petr David Josek)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Edy A. Putra

DOHA, QATAR - Gol terakhir Jepang ke gawang Spanyol dalam laga pemungkas Grup E Piala Dunia 2022 pada Jumat (2/12/2022) malam, menjadi perbincangan publik karena dinilai kontroversial.

"Gol kedua Jepang dalam kemenangan 2-1 atas Spanyol diperiksa oleh VAR untuk menentukan apakah bola keluar dari permainan," terang FIFA via Twitter.

"Video ofisial pertandingan menggunakan rekaman kamera garis gawang, untuk mengecek apakah sebagian bola masih di garis atau tidak," imbuh induk sepak bola internasional itu.

Penggunaan teknologi bagian dari video assistant referee (VAR) itu ternyata sama sekali tak mengurangi drama dalam sepak bola.

Kenapa Ribut?

Gol kedua Jepang yang dicetak oleh Ao Tanaka pada menit ke-51 bisa jadi pembeda dalam perebutan tiket babak 16 besar, terutama bagi Samurai Biru dan Timnas Jerman.

Tergabung di grup yang sama, situasi klasemen membuat Der Panzer butuh Spanyol minimal bermain seri kontra Jepang.

Dengan skenario itu, Jerman bisa melenggang ke fase gugur mendampingi Tim Matador, sementara Jepang akan pulang kampung.

Hanya saja, Spanyol tak bisa menyeimbangkan skor, walau sebenarnya mereka sempat unggul 1-0 atas Jepang di babak pertama.

Baca Juga: Daftar Tim Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2022: Format, Bagan dan Jadwal

Dalam kondisi terancam, Jepang bangkit dengan gol cepat saat babak kedua digeber, tepatnya di menit ke-48 dan ke-51.

Gol terakhir itu, dari tayangan ulang, assist-nya jelas menunjukkan nyaris seluruh bola sudah keluar dari garis lapangan.



Sumber : Kompas TV/AP

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.