Kompas TV nasional politik

Acara Relawan Nusantara Bersatu Dinilai Cipta Kondisi untuk Dorong Ganjar Jadi Capres 2024

Kompas.tv - 3 Desember 2022, 05:45 WIB
acara-relawan-nusantara-bersatu-dinilai-cipta-kondisi-untuk-dorong-ganjar-jadi-capres-2024
Presiden Jokowi menghadiri silaturahmi akbar relawan Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (26/11/2022). (Sumber: Antara)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Acara silaturahmi relawan Jokowi di Gelora Bung Karno yang mengangkat tema Relawan Nusantara Bersatu dinilai sebagai cipta kondisi untuk mendukung Ganjar di Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Indostrategic Ahmad Khoirul Umam menjelaskan, acara tersebut merupakan keberlanjutan dari operasi politik dalam menciptakan sebuah kondisi bahwa Jokowi memiliki calon sendiri di Pilpres 2024.

Menurut Ahmad, kegiatan-kegiatan seperti ini akan mempengaruhi publik dalam memilih capres di 2024 yang mendapat dukungan Jokowi. 

"Memang ciri-ciri pemimpin berambut putih ini menunjuk pihak tertentu, dan akan didorong ke sana," ujar Ahmad di program Dua Arah 'Relawan Jokowi Pecah Kongsi?' KOMPAS TV, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga: Acara Relawan Turunkan Legitimasi dan Netralitas Presiden Jokowi?

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Relawan Seknas Jokowi Rambun Tjajo menyatakan, pertemuan relawan Jokowi di GBK bukan untuk mengarahkan masyarakat memilih salah satu tokoh atau capres. 

Menurutnya, pertemuan Relawan Nusantara Bersatu untuk menjaga Pilpres tidak menimbulkan perpecahan dan mendengarkan pandangan Jokowi terhadap pemimpin selanjutnya. 

Rambun menyatakan, Jokowi sangat ingin pemimpin selanjutnya bisa melanjutkan program pembangunan yang sudah dibuat. 

"Relawan yang kemarin itu ya cuma ingin foto-foto sama Pak Jokowi. Kalau dibilang kita menggiring, enggak benar. Dalam pernyataan sikap, kita jelas manut Jokowi. Kalau Pak Jokowi tunjuk Prabowo, kita manut Jokowi," ujar Rambun.

Baca Juga: Hasto Kritik Keras Acara Relawan Jokowi di GBK: Dikerdilkan Hanya Urusan Gegap Gempita!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x