Kompas TV entertainment selebriti

Dekorasi Pernikahan Kaesang dan Erina Usung Tema Jawa Klasik Mataram Islam, Apa Itu?

Kompas.tv - 2 Desember 2022, 18:18 WIB
dekorasi-pernikahan-kaesang-dan-erina-usung-tema-jawa-klasik-mataram-islam-apa-itu
 Pura Mangkunegaran rencananya menjadi salah satu lokasi prosesi pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dengan calon istrinya, Erina Sofia Gudono, pada 11 Desember 2022 mendatang. (Sumber: Dinas Budaya dan Pariwisata Surakarta)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

 

SOLO, KOMPAS.TV - Persiapan dekorasi acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono sudah 75 persen.

Rencananya, acara ngunduh mantu yang digelar di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah, pada Minggu, 11 Desember 2022 akan menggunakan konsep Jawa klasik Mataram Islam.

Menurut Ranu Asmoro, pengusaha dekorasi untuk pernikahan Kaesang dan Erina, setelah melalui proses negosiasi dengan keluarga, tema yang diangkat adalah Jawa klasik Mataram Islam, mengingat kedua mempelai dari Solo dan Yogyakarta.

Asmoro Decoration selama ini terlibat dalam setiap persiapan dekorasi pesta pernikahan anak-anak Jokowi dan adik Jokowi.

Ia bercerita, seperti kebiasaan sebelumnya, keluarga Presiden Jokowi memberikan tema yang dikehendaki, kemudian Ranu sebagai seniman, menggali ide itu dan berdiskusi dengan seniman di daerah, kemudian diajukan kepada pihak keluarga untuk mendapat persetujuan.

“Mataram Islam cikal bakal Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta,” ucap Ranu dalam program Kompas Petang Kompas TV, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga: Baju Beskap Panitia Pernikahan Kaesang-Erina


Ia menjelaskan, tema itu akan tampak dalam ornamen gebyok yang digunakan. Kasunanan Surakarta identik dengan ornamen yang lebih kompleks ke arah fauna, seperti burung, harimau, rusa.

Sedangkan Yogyakarta lebih sederhana dengan motif flora berupa sulur dan daun.

Warna dekorasi juga cenderung natural dengan ornamen emas. Bunga segar pun dominan warna putih.

Ranu menyebutkan jumlah seniman yang terlibat dalam pengerjaan dekorasi pernikahan Kaesang dan Erina tidak terhitung. Semua, kata dia, ingin ikut berpartisipasi dan memberikan yang terbaik.

Ia juga berterima kasih kepada keluarga Jokowi yang sudah memberikannya kesempatan untuk mendekorasi perayaan ngunduh mantu. Selama ini, ungkap Ranu, ia nyaris tidak pernah berkomunikasi dengan Kaesang untuk membahas persiapan pernikahan.

“Beberapa kali dengan ibu (Iriana Jokowi) namun karena beliau sibuk, jadi ada perwakilan keluarga,” tuturnya.

Baca Juga: Panitia Pernikahan Kaesang-Erina akan Kenakan Tiga Macam Beskap, Apa Saja? Ini Bocorannya

Persiapan dekorasi pernikahan Kaesang dan Erina sudah berjalan selama 1,5 bulan. Rencananya penataan akan dilakukan pada 8 Desember 2022 dan pada 10 Desember 2022 ditargetkan semua sudah beres.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x