Kompas TV nasional politik

Calon Panglima TNI Yudo Margono: Saya Jamin Tak Ada Lagi Prajurit yang Arogan ke Masyarakat

Kompas.tv - 2 Desember 2022, 15:41 WIB
calon-panglima-tni-yudo-margono-saya-jamin-tak-ada-lagi-prajurit-yang-arogan-ke-masyarakat
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan dua jenazah korban pesawat jatuh milik TNI AL telah ditemukan pada Kamis (8/9/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan, bila terpilih menduduki jabatan pucuk pimpinan TNI, ia akan mengerahkan segala upaya untuk menjamin tak akan ada lagi prajurit yang bertindak arogan kepada masyarakat. 

Hal itu ia sampaikan dalam uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi I DPR, Jakarta, Jumat (2/12/2022). 

Baca Juga: Politikus PDIP: Yudo Margono Harus Bisa Pastikan Prajurit Netral di Pemilu 2024

"Apabila nantinya, saya mendapat kepercayaan jadi Panglima TNI, maka saya akan kerahkan segala daya upaya untuk menjamin tidak ada lagi oknum-oknum TNI yang melakukan hal-hal tak terpuji serta bersikap arogan yang dapat merugikan dan menyakiti hati rakyat," kata Yudo.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) itu menyebut, TNI harus menyatu dan hadir di tengah rakyat. Selain itu, harus menjadi solusi permasalahan rakyat dan bersikap humanis.

Menurut dia, sikap itu diperlukan lantaran kondisi negara saat ini sedang tidak baik. Terlebih, Indonesia masih berjuang menuntaskan pandemi Covid-19 dan memulihkan ekonomi nasional.

Ia menambahkan, peran serta dan partisipasi komponen bangsa diperlukan untuk memulihkan kondisi negara. 

Yudo memastikan TNI selalu dan akan terus hadir dalam menjawab setiap kesulitan serta permasalahan yang dihadapi rakyat.


Baca Juga: DPR Uji Kelayakan KSAL Yudo Margono Sebagai Calon Panglima TNI

"TNI selalu siap menjalani tugas yang diberikan negara untuk kepentingan rakyat sesuai kewenangan dan kepercayaan yang diberikan. Hal ini telah dilaksanakan dalam bentuk pelaksanaan tugas sesuai dengan amanat UU TNI," katanya.

Sebagai informasi, rangkaian uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI telah dimulai pada Jumat pukul 10.00 WIB, dengan verifikasi data Laksamana Yudo Margono bersama pimpinan Komisi I dan perwakilan dari masing-masing fraksi. 

Setelah jeda, fit and proper test itu dimulai kembali pada pukul 13.30 WIB dengan agenda pemaparan visi dan misi Laksamana Yudo selama 30 menit. 

Selanjutnya, pendalaman dari masing-masing fraksi tujuh menit dari tiap-tiap fraksi.

Nantinya, orang nomor satu di matra angkatan laut itu diberikan kesempatan 20 menit menjawab pertanyaan-pertanyaan dan pendalaman. Setelah itu, tahap pertama selesai.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x