Kompas TV nasional politik

Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Diprediksi Mulus, Pengamat: Sekadar Business as Usual

Kompas.tv - 1 Desember 2022, 19:23 WIB
fit-and-proper-test-calon-panglima-tni-diprediksi-mulus-pengamat-sekadar-business-as-usual
KSAL Laksamana Yudo Margono. (Sumber: KOMPAS/HERU SRI KUMORO)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat militer Anton Aliabbas berpendapat bahwa fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan berjalan secara mulus.

Baginya, uji kelayakan dan kepatutan itu hanya business as usual. Menurutnya, Laksamana Yudo Margono tak akan menemui kendala yang berarti.

“Kalau melihat pernyataan ibu Meutya Viada Hafid bahwa besok paparannya 20 menit, setiap fraksi diberikan kesempatan 7 menit untuk melakukan pendalaman, jadi menurut saya ini sekadar business as usual, tidak akan ada tes yang mendalam, menguliti, terkait bagaimana visi dan misi, dan lain-lain,” kata Anton dalam Kompas Petang, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga: Besok Komisi I Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Lebih lanjut, Anton menilai bahwa terpilihnya Laksamana Yudo Margono sebagai calon tunggal panglima TNI merupakan hal yang baik.

Pasalnya, hal ini sejalan dengan cita-cita Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadikan Indonesia sebagai negara poros maritim.

Tak hanya itu, penunjukkan Laksamana Yudo Margono juga dinilai sebagai kado yang indah menjelang Hari Armada 2022 yang jatuh pada 5 Desember 2022 mendatang.

“Bagi saya, penunjukan Yudo Margono ini merupakan hadiah terindah karena tanggal 5 nanti ada Hari Armada. Saya pikir ini kado terindah untuk memperingati Hari Armada,” ucapnya.

Anton berharap, usai Laksamana Yudo Margono resmi menjadi panglima TNI dapat mengatasi ancaman yang ada, termasuk ancaman di Laut Cina Selatan dan di Asia Timur.

“Memang kalau kita lihat kebutuhan per hari ini ada sedikit ancaman di darat dan di laut, di Laut Cina Selatan, Asia Timur, ada ancaman maritim, beban atau tanggung jawab dari Yudo Margono menjadi penting,” pungkasnya.

Baca Juga: Yudo Margono Disorot Bakal Jabat Panglima TNI Tak Sampai Setahun, PKS: Kan Maunya Presiden

Sebagai informasi, Laksamana Yudo Margono akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan besok Jumat (2/12/2022).

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan bahwa pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan panglima TNI ini akan digelar secara terbuka.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x