Kompas TV nasional politik

Besok Komisi I Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Kamis, 1 Desember 2022 | 16:34 WIB
besok-komisi-i-gelar-uji-kelayakan-dan-kepatutan-calon-panglima-tni-laksamana-yudo-margono
Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono pada konferensi pers, Sabtu (24/4/2021). (Sumber: Tangkapan Layar KompasTV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Komisi I DPR RI akan menggelar agenda uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono pada Jumat (2/12/2022). Fit and proper test itu hanya berlangsung selama satu hari. 

Baca Juga: Batal Pekan Ini, DPR Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Panglima TNI Yudo Margono Pekan Depan

"Betul. Komisi I akan menggelar fit and proper test calon panglima esok. Satu hari penuh ya. Dimulai dengan verifikasi persyaratan di pagi hari," kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid kepada wartawan, Kamis (1/12/2022). 

Selanjutnya, uji kelayakan dan kepatutan itu akan diagendakan mendengarkan penjelasan visi dan misi dari Laksamana Yudo Margono ketika nanti terpilih menjabat sebagai pucuk pimpinan lembaga TNI tersebut.

"Lalu mendengarkan visi misi dan pendalaman dalam rapat pukul 13.30. Penyampaian visi misi oleh calon panglima disepakati dalam rapat internal komisi, 30 menit," ujarnya.

Politikus Partai Golkar itu menjelaskan, mekanisme dari pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan itu akan digelar secara terbuka. Namun, bila nanti dalam pemaparan isinya berupa strategi dan sifatnya rahasia akan tertutup.

"Direncanakan dilakukan terbuka, kecuali jika nanti dalam paparan ada yang dianggap bersifat strategi dan rahasia maka bagian tersebut dilakukan tertutup," ujarnya.

Ia menambahkan, rangkaian terakhir dari uji kelayakan dan kepatutan itu adalah mengunjungi kediaman orang nomor satu dari matra angkatan laut tersebut. 

Baca Juga: Calon Panglima TNI Yudo Margono Beri Brevet Kehormatan Hiu Kencana buat Puan Hingga Kapolri

"Lalu direncanakan verifikasi faktual ke kediaman setelah Rapat fit and proper test selesai," ujarnya.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Jaksa Nilai Pengacara Ferdy Sambo Tidak Profesional

Sabtu, 28 Januari 2023 | 23:55 WIB
Close Ads x