Kompas TV olahraga sepak bola

Mendadak Masuk Rumah Sakit, Kini Pele Sudah dalam Kondisi Stabil

Kompas.tv - 1 Desember 2022, 19:12 WIB
mendadak-masuk-rumah-sakit-kini-pele-sudah-dalam-kondisi-stabil
FILE - Pele, legenda sepak bola asal Brasil, menghadiri undian Piala Dunia 2018 di Kremlin, Moskow, 1 Desember 2017. (Sumber: AP Photo/Alexander Zemlianichenko, File)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

SAO PAULO, KOMPAS.TV - Legenda sepak bola Brasil, Pele, sudah dalam kondisi stabil setelah pada Selasa (29/11/2022) waktu setempat harus menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Sao Paulo. 

Pele yang saat ini berusia 82 tahun, dibawa ke Rumah Sakit Albert Einstein dengan keluhan pembengkakan di sekujur tubuh dan masalah jantung. 

Dilaporkan pula, Pele tengah menjalani pengobatan kanker metastatik. Perawatan kemoterapinya dilaporkan tidak lagi berhasil dan menderita kebingungan mental setelah dirawat.

Akan tetapi, pihak Rumah Sakit Albert Einstein memberikan kabar terbaru bahwa Pele sekarang sudah berada dalam kondisi yang stabil. 

Ia juga sudah bisa kembali mengendalikan fungsi organ di tubuhnya sehingga tidak perlu dirawat di Unit Perawatan Intensif (ICU). 

"Setelah evaluasi medis, pasien dibawa ke ruang bersama, tanpa perlu rawat inap di unit semi-intensif atau ICU," bunyi pernyataan rumah sakit dilansir dari Daily Mail, Kamis (1/12/2022). 

"Mantan pemain itu memegang kendali penuh atas fungsi vital dan (dalam) kondisi klinis yang stabil," imbuh pernyataan tersebut. 

Baca Juga: Pele Dilarikan ke Rumah Sakit, Putri Kandung Pastikan Tidak Ada Keadaan Darurat\

Sebelumnya, putri Pele, Kely Nascimento, memastikan tidak ada kondisi darurat yang diderita ayahnya.

Kely mengatakan ayahnya masuk rumah sakit untuk menjalani perawatan rutin dan menegaskan tidak ada masalah baru mengenai kesehatan. 

"Banyak peringatan di media hari ini mengenai kesehatan ayah saya. Dia berada di rumah sakit untuk menjalani pengobatan," tulis Kely di akun Instagram-nya. 

"Tidak ada keadaan darurat atau prediksi baru yang mengerikan. Saya akan berada di sana untuk Tahun Baru dan berjanji untuk mengunggah beberapa foto," imbuhnya. 

Selain penyakit tumor yang telah diangkat melalui operasi pada September 2021 lalu, Pele menderita serangkaian masalah kesehatan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk operasi pinggul yang membuatnya kesulitan berjalan tanpa bantuan.

Pele merupakan legenda sepak bola Brasil yang  berhasil membawa Tim Samba menjadi juara dunia tiga kali di tahun 1958, 1962 dan 1970.

Ia juga tercatat sebagai pemain terbanyak yang mencetak gol untuk Brasil dengan total sumbangan 77 gol dari 92 pertandingan. 

Baca Juga: Pele Puji Striker AS Tim Weah di Laga Kontra Wales: Gol yang Indah, Teruslah Bermimpi!


 



Sumber : Daily Mail


BERITA LAINNYA



Close Ads x