Kompas TV olahraga sapa qatar

Piala Dunia 2022 Jerman vs Kosta Rika: Die Mannschaft Wajib Menang dengan Skor Besar

Kamis, 1 Desember 2022 | 16:34 WIB
piala-dunia-2022-jerman-vs-kosta-rika-die-mannschaft-wajib-menang-dengan-skor-besar
Pemain Jerman, Leon Gorentzka, menggiring bola dibayangi dua pemain Spanyol, Gavi dan Sergio Busquets, dalam laga grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, Minggu, 27 November 2022 malam atau Senin, 28 November 2022 dini hari WIB. (Sumber: AP Photo/Matthias Schrader)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Jerman akan menghadapi Kosta Rika pada pertandingan terakhirnya di Grup E Piala Dunia 2022, Jumat (2/12/2022) pukul 02.00 dini hari WIB.

Die Mannschaft harus menang dengan skor besar jika ingin melenggang ke babak 16 besar, dan terhindar dari nasib yang sama seperti empat tahun silam saat mereka terlempar dari Piala Dunia di Rusia pada fase grup.

Sejauh ini, Jerman menempati urutan terbawah Grup E lantaran hanya mengumpulkan satu poin dari dua pertandingan pertamanya.

Jerman juga diharuskan menang dengan mencetak gol sebanyak mungkin, padahal Kosta Rika dikenal sangat rapat bertahan.

Kemenangan atas Kosta Rika ditambah kemenangan Spanyol atas Jepang akan membuat Jerman melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

Namun jika tim Luis Enrique dan Jepang imbang atau bahkan jika Jepang yang menang, maka selisih gol akan menentukan nasib Jerman.

Mencetak gol bukanlah urusan yang terlalu sulit bagi tim Hansi Flick, apalagi kini ada penyerang tengah Niclas Fullkrug yang bermain cemerlang baik untuk klub maupun negaranya.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Hari Ini: Penentuan Nasib Jepang, Jerman, dan Spanyol di Grup Maut


Pemain berusia 29 tahun yang awalnya tidak masuk skuad Jerman itu, mengantarkan tim Panser menyamakan kedudukan pada menit-menit terakhir kala melawan Spanyol.

Striker kekar itu sekarang menjadi pilihan utama di barisan depan sampai banyak kalangan menyebut dia sebagai faktor yang bisa membalikkan peruntungan Jerman.

Prediksi line up:

Kosta Rika (5-4-1): Keylor Navas; Keysher Fuller, Oscar Duarte, Juan Pablo Vargas, Kendall Watson, Bryan Oviedo; Gerson Torres, Celso Borges, Yeltsin Tejeda, Joel Campbell; Anthony Contreras

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Lukas Klostermann, Niklas Sule, Antonio Rudiger, David Raum; Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan; Serge Gnabry, Jamal Musiala, Leroy Sane; Niclas Fullkrug

Statistik Jerman vs Kosta Rika

Sebelum bertemu dalam laga terakhir mereka di Grup E Piala Dunia 2022, Kosta Rika dan Jerman pernah bertemu sekali dalam pertandingan pembuka Piala Dunia 2006. Tuan rumah Jerman memenangi pertandingan itu dengan skor 4-2.

Sejak menjuarai Piala Dunia yang keempat kalinya pada 2014, Jerman hanya memenangi satu pertandingan dalam putaran final Piala Dunia, yakni saat melawan Swedia pada Juni 2018.

Jerman harus meraih tiga poin saat melawan Kosta Rika untuk tetap bersaing memperebutkan satu tempat di babak 16 besar.

Kemenangan atas Kosta Rika ditambah dengan kemenangan Spanyol melawan Jepang akan membuat Jerman lolos. Selisih gol bisa menjadi penentu kelolosan ke 16 besar.

Gol Keysher Fuller pada menit ke-81 melawan Jepang adalah tembakan tepat sasaran pertama Kosta Rika sepanjang turnamen Qatar ini.

Kosta Rika bisa mencapai 16 besar dengan mengalahkan Jerman. Hasil imbang juga akan membawa mereka ke babak berikutnya jika Spanyol mengalahkan Jepang.

Tetapi jika Spanyol, pemuncak grup E Piala Dunia 2022 saat ini, kalah maka selisih gol akan menentukan kelolosan Jerman dan Kosta Rika.

Baca Juga: Pria Iran Tewas Ditembak Gara-gara Rayakan Kekalahan Timnas Negaranya di Piala Dunia 2022


Sumber : Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x