Kompas TV video vod

Kominfo Gelar Forum SPBE Demi Wujudkan Pemerintahan yang Adaptif dan Kolaboratif!

Kamis, 1 Desember 2022 | 10:50 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Komunikasi dan Informatika, menggelar forum Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Acara ini, sebagai bagian dari semangat, demi mewujudkan pemerintahan yang adaptif, kolaboratif, serta berkelanjutan.

Forum ini menghadirkan pimpinan daerah, dan perwakilan Dinas Kominfo dari kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Forum ini diharap dapat mengakselerasi implementasi SPBE, untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, untuk memberi layanan kepada pengguna.

Melalui SPBE, akan tercipta integrasi aplikasi dan data dari pemerintah pusat, kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah.

Menurut Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kominfo, Bambang Dwi Anggono, SPBE bertujuan mengkonsolidasikan program kerja pemerintah pusat, dengan pemerintah daerah.

Baca Juga: Peran Kemenkominfo Sukseskan KTT G20 di Bali, Para Jurnalis Difasilitasi 'Media Center'!

Sementara itu, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE, Kementerian PANRB, Cahyono Tri Birowo, mengatakan, kesuksesan implementasi SPBE hanya dapat terwujud melalui dukungan dan kolaborasi dari pemerintah daerah.

Selain forum SPBE pada 30 November, Kementerian Kominfo juga menyelenggarakan Forum Smart City Indonesia, yang digelar Kamis, 1 Desember 2022. 

Forum Smart City diikuti sekitar 200 kota cerdas, untuk fokus pembangunan demi mengoptimalkan pelayanan masyarakat luas.

Dengan sistem pemerintahan berbasis elektronik atau SPBE, ke depannya, pemerintah daerah tidak perlu lagi membangun aplikasi maupun pusat data sendiri, karena sudah disediakan oleh pemerintah pusat.

Hal ini akan meningkatkan efisiensi anggaran pemerintah daerah, sekaligus memudahkan lahirnya inovasi berbasis digital.
 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x