Kompas TV nasional berkas kompas

Pejuang Lingkungan, Pahlawan Tanpa Penghargaan- BERKAS KOMPAS

Rabu, 30 November 2022 | 15:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Di tengah gempita pertemuan-pertemuan elitis penyelamatan bumi, aksi nyata Daman dan Tini merawat lingkungan, patut mendapat perhatian. Berangkat dari kegelisahan melihat kondisi alam, mereka mendedikasikan diri menjaga lingkungan agar lestari. Keterbatasan bahkan tak jadi penghalang bagi Daman dan Tini.

Tim Berkas Kompas menyusuri kecamatan Muara Gembong, yang jaraknya 50 kilometer-an dari pusat Kabupaten Bekasi untuk menemui Daman. Daman adalah warga asli Muara Gembong yang selama 12 tahun hidup menyendiri di hutan mangrove menjaga habitat lutung jawa. Daman membagikan cerita saat ia harus berhadapan dengan para pemburu lutung jawa.

Di sudut Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kami menemui Tini Kasmawati. Semangatnya sama seperti Daman. Meski penglihatannya tak lagi awas karena tertutup katarak, Tini tetap semangat menjaga owa jawa yang ada di Hutan Lengkong.

Kekosongan peran negara menumbuhkan tekad para pejuang lingkungan ini untuk menjaga alam secara swadaya. Perjuangan Daman dan Tini sudah sepatutnya mendpat perhatian, hal ini agar apa yang dilakukannya bisa memberi manfaat yang lebih besar bagi kelestarian alam. Saksikan kisah mereka dalam BERKAS KOMPAS Episode “Pejuang Lingkungan, Pahlawan Tanpa Penghargaan” berikut ini.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


ROSI

Siapa Mafia Koperasi? |ROSI

Senin, 6 Februari 2023 | 18:20 WIB
ROSI

Menteri Teten Ungkap Modus Bos Indosurya | ROSI

Senin, 6 Februari 2023 | 18:15 WIB
Close Ads x