Kompas TV nasional viral

Ramai di Medsos Fenomena Ikan Terdampar di Pantai Mutiara Jakarta, BMKG: Tak Ada Kaitan dengan Gempa

Rabu, 30 November 2022 | 14:36 WIB
ramai-di-medsos-fenomena-ikan-terdampar-di-pantai-mutiara-jakarta-bmkg-tak-ada-kaitan-dengan-gempa
Fenomena ikan-ikan terdampar di tepi Pantai Mutiara Jakarta Utara terjadi pada Rabu (30/11/2022). BMKG mengatakan fenomena itu tak ada hubungannya dengan gempa bumi. (Sumber: Kompas.tv/Antara)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masyarakat pesisir Pantai Mutiara Jakarta Utara dihebohkan dengan fenomena ikan-ikan yang terdampar di tepi laut, Rabu (30/11/2022).

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengatakan, fenomena itu bukan pertanda gempa.

“Banyak faktor, di antaranya faktor kesuburan perairan, angin dan arus laut. Tidak ada hubungannya dengan akan terjadinya gempa ya,” kata Eko, menukil Antara.

Dia meminta masyarakat tidak panik, karena angin laut bisa saja secara tak kasat mata telah mendorong ikan-ikan itu mengikuti arus, sampai terdampar ke tepi pantai.

Terkait kemungkinan lain, Eko menyebut bisa jadi unsur hara yang dibutuhkan ikan tadi terdorong angin, lalu ikan bergerak mengikutinya menuju pinggiran.

Dia juga mengatakan, kejadian ini merupakan fenomena langka, bisa jadi akibat ketidaknormalan oseanografi. Skenario tadi, oleh Eko disebut masih berupa dugaan.

"Ya tapi perlu penelitian lebih lanjut.”

Baca Juga: Fenomena Langka! Ribuan Ikan Laut Terdampar di Tepi Pantai Lampung

Berdasar pantauan di sosial media, banyak warganet membagikan video fenomena ikan-ikan terdampar di Pantai Mutiara Jakarta Utara itu.

Di sisi lain, beberapa warga tampak memungut ikan-ikan tersebut untuk dibawa pulang.

Sejatinya, kejadian serupa sebelumnya juga terjadi di Lampung pada awal Oktober 2022 lalu.

Baca Juga: Sekitar 230 Paus Terdampar di Pantai Tasmania Australia Selatan, Tim Penyelamat Berjibaku


 


Sumber : Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x