Kompas TV nasional politik

Eks KSAL Titip Pesan untuk Calon Panglima TNI Yudo Margono

Kompas.tv - 29 November 2022, 22:09 WIB
eks-ksal-titip-pesan-untuk-calon-panglima-tni-yudo-margono
Eks Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi dalam program Kompas Petang, Selasa (29/11/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Eks Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi menyampaikan pesan untuk Calon Panglima TNI Yudo yang baru saja dipilih oleh Presiden Jokowi.

Ade mengungkapkan pesan itu via dialog Kompas Petang di KOMPAS TV pada Selasa (29/11/2022).

"Pertama, organisasi. Di masa lalu ada pengembangan organisasi, itu harus dilengkapi, baik dari segi infrastruktur, sarana dan prasarana, sumber daya manusia (SDM), serta tentu saja logistik dan anggaran," kata Ade.

"Kedua, SDM, bahwa prajurit TNI harus solid, kompak dari bawah ke atas. Dari kekompakan itulah, tampilan TNI akan tampak dan selalu dilihat oleh publik maupun negara lain," imbuh dia.

Adapun ketiga soal alutsista. Ade mengatakan, "Panglima TNI harus meneruskan secara konsisten pemenuhan alutsista. Di DPR sudah sering dibahas, bagaimana pemenuhan alutsista untuk TNI Angkatan Darat, Udara dan Laut agar seimbang."

Keempat, Ade menyinggung hubungan inflasi dengan penganggaran. 

"Adanya inflasi pasti ada kenaikan, oleh karena itu Panglima TNI mestinya bisa menghitung kebutuhan," kata dia.

Baca Juga: Sepak Terjang Calon Panglima TNI Yudo Margono, Usir Kapal China dari Natuna

Terakhir Ade menggaungkan agar TNI bisa selalu merakyat, "TNI jangan memisahkan diri dari lingkungan publik, melainkan TNI adalah bagian dari lingkungan nasional. Sehingga, eksistensinya sebagai penjaga negara benar-benar harus terpelihara," pungkas dia.

Sebelumnya diwartakan, Presiden Jokowi telah menunjuk KSAL Yudo untuk menjadi calon tunggal Panglima TNI.

“Untuk Panglima TNI, sudah diajukan ke DPR, yakni KSAL Laksamana Yudo Margono. Calon tunggal,” kata Jokowi, Selasa (29/11).

Baca Juga: Jokowi Jelaskan Alasan Pilih Yudo Margono sebagai Calon Tunggal Panglima TNI: Rotasi Matra


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.