Kompas TV nasional politik

Survei Indikator: TNI Jadi Lembaga Paling Dipercaya Publik, Disusul Presiden dan Mahkamah Agung

Kompas.tv - 27 November 2022, 17:20 WIB
survei-indikator-tni-jadi-lembaga-paling-dipercaya-publik-disusul-presiden-dan-mahkamah-agung
Ilustrasi. Indikator Politik Indonesia melakukan survei terkait tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga tinggi negara yang hasilnya dirilis pada Minggu (27/11/2022). TNI menjadi lembaga negara yang paling dipercaya publik. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indikator Politik Indonesia melakukan survei terkait tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga tinggi negara yang hasilnya dirilis pada Minggu (27/11/2022).

Tentara Nasional Indonesia (TNI) masih menjadi lembaga yang paling dipercaya publik, dengan tingkat kepercayaan sebesar 92,9 persen.

Adapun 92,9 persen ini terdiri dari 24,9 persen publik sangat percaya, dan 68 persen responden cukup percaya terhadap TNI. 

"Jadi di akhir Oktober dan awal November, kepercayaan publik terhadap lembaga-lembaga negara, termasuk lembaga penegakan hukum dan lembaga demokrasi itu paling tinggi masih dipegang oleh TNI," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat merilis hasil survei, Minggu.

Sementara posisi kedua atau di bawah TNI, lembaga paling dipercaya publik adalah Presiden, dengan tingkat kepercayaan 88,4 persen.

Kemudian disusul Mahkamah Agung (MA) dengan tingkat kepercayaan 80,4 persen.

Lebih lanjut Burhanuddin menjelaskan alasan MA masih ada di posisi stabil dalam survei tingkat kepercayaan publik, meski di tengah terpaan isu korupsi yang menjerat hakim-hakimnya.

Menurutnya, hal ini dikarenakan saat dilakukan survei ini, yakni pada awal November lalu, isu mengenai korupsi Hakim Agung kurang begitu mendapatkan perhatian publik. 

"Mahkamah Agung (posisi ketiga), gimana isu korupsi Hakim Agung? Per awal November, publik yang mengikuti kasus ini masih sedikit, makanya trust (kepercayaan, red) terhadap Mahkamah Agung masih minimal," ujarnya.


Baca Juga: Pengamat Militer: Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa Tak Perlu Dibebani Agenda-Agenda Baru

Kemudian dibawah MA terdapat Mahkamah Konstitusi dengan tingkat kepercayaan publik 79,6 persen, Kejaksaan Agung (Kejagung) dengan 77,5 persen.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x