Kompas TV regional budaya

Menggali Sejarah Belanda Depok, Dubes Belanda Ingin Jadikan Potensi Wisata Menarik

Kompas.tv - 27 November 2022, 11:28 WIB
menggali-sejarah-belanda-depok-dubes-belanda-ingin-jadikan-potensi-wisata-menarik
Alun-alun Kota Depok resmi dibuka untuk umum, Minggu (12/1/2020)( Sumber: KOMPAS.com/ANGGITA NURLITASARI)
Penulis : Iman Firdaus

DEPOK,KOMPAS.TV- Depok memiliki kekayaan sejarah, terutama  berkaitan dengan masa kekuasaan Belanda. Tidak heran, Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns menyatakan keinginan  berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, dengan menggali potensi wisata sejarah di kawasan Depok Lama.

"Saya sudah dua kali mengunjungi Kota Depok, suatu kehormatan yang besar karena Belanda dan Depok ada hubungan yang kuat terhadap peninggalan sejarah," katanya, di Depok, Jawa Barat, Minggu (27/11/2022) dikutip dari Antara.

Menurut Grijns, pihaknya ingin memperbaiki hubungan dengan Pemkot Depok untuk menggali potensi wisata sejarah.

Baca Juga: Viral! Sopir Pikap "Catcalling" Perempuan di Depok , Korban Langsung Semprot Pelaku!

Ia juga mengajak sektor wisata, akademisi, dan masyarakat untuk bersinergi bersama dalam mengembangkan potensi wisata sejarah di Depok.

"Kami ingin semuanya punya peran agar peninggalan sejarah bisa lebih menarik," ujar Dubes yang lahir di Kota Bogor, Jawa Barat, pada 1962, dan fasih berbahasa Indonesia tersebut.

Ia berharap rencana ini dapat terealisasi, sehingga masyarakat di Kota Depok dapat bangga karena memiliki tempat khusus yang dapat dimanfaatkan untuk wisata sejarah Belanda.

Duta Besar Grijns yang didampingi Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengunjungi Rumah Cimanggis yang merupakan rumah asli peninggalan Belanda.

Imam Budi mengatakan pengembangan kawasan Depok Lama akan dilakukan melalui kolaborasi, revitalisasi, elaborasi sister city antara Kota Depok dan kota di Belanda, hingga penyelenggaraan Festival Budaya Belanda di Depok, yang mengadopsi kegiatan Festival Drama Depokkers (A Colonial Tale Unravels) di Belanda.

Menurut dia, dalam merealisasikan peningkatan peninggalan sejarah Belanda, perlu mendapat dukungan dari semua pihak, baik komunitas, akademisi, unsur masyarakat serta media massa.



Sumber : Kompas TV/ANTARA


BERITA LAINNYA



Close Ads x