Kompas TV olahraga sepak bola

PSSI Jalin Kerja Sama dengan KNVB, Bikin Program Garuda Select Baru?

Kompas.tv - 25 November 2022, 21:35 WIB
pssi-jalin-kerja-sama-dengan-knvb-bikin-program-garuda-select-baru
Dirtek PSSI Indra Sjafri dan Wakil Sekjen PSSI Maaike Ira Puspita mengungkapkan pihaknya dan KNVB akan melakukan kerja sama untuk pembinaan usia muda, salah satunya dengan membuat program Garuda Select baru. (Sumber: Antara)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - PSSI sedang menjajaki kerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) dalam hal pengembangan pembinaan usia muda. 

Berbagai program nantinya akan dibuat di mana salah satu di antaranya dengan membikin Garuda Select baru. 

"Kami memang sudah menjajaki beberapa program kerja sama. Bisa ke arah sana (seperti Garuda Select-red). Tunggu saja," kata Wakil Sekretaris Jenderal PSSI Maaike Ira Puspita dikutip dari Antara, Jumat (25/11/2022). 

Garuda Select sendiri merupakan program program pengembangan pemain muda Indonesia oleh PSSI dan sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang penyiaran.

Program yang dimulai sejak tahun 2019 itu, memberikan kesempatan kepada pemain-pemain remaja berbakat untuk berlatih dan bertanding di Inggris serta beberapa negara lain di Eropa.

Sejumlah pemain jebolan dari program Garuda Select di antaranya Bagus Kahfi dan sekarang salah satu penyerang yang menghuni Timnas U20 yaitu Hokky Caraka. 

Mengenai kerja sama dengan KNVB, PSSI saat ini tengah menyusun perincian kemitraan dengan PSSI-nya Belanda itu yang nantinya dituangkan dalam sebuah Notal Kesepahaman (MoU).

MoU tersebut ditargetkan untuk ditandatangani oleh kedua federasi paling lambat pada tahun 2023.

Baca Juga: Ketum PSSI Pantau Persiapan Stadion I Wayan Dipta Jelang Piala Dunia U-20

Selain pembinaan pemain muda, Ira juga menyebut kerja sama dengan KNVB akan meliputi program pelatihan pelatih, pemantauan bakat dan pengembangan sepak bola putri.

"Kami menjajaki dari pelatihan pelatih dan 'talent scouting'. Bagaimana caranya mengidentifikasi dan memetakan bakat-bakat di Indonesia," lanjutnya.

"Untuk sepak bola wanita, kami mencari cara bagaimana meningkatkan kualitas timnas putri kita karena timnas putri Belanda akan bermain di Piala Dunia Putri di Australia tahun 2023," tutur Maaike.

Sementara Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengungkapkan, progres kerja sama PSSI dengan KNVB terus maju usai dirinya bertandang ke Kantor KNVB di Belanda pada Oktober 2022.

Menurut mantan pelatih Bali United ini, kemitraan dengan KNVB berfokus kepada dua persoalan yakni kepelatihan dan kurikulum.

"Untuk kemungkinan dalam bentuk lain, kami akan mendiskusikannya dengan KNVB," ujar pria yang pernah membawa Indonesia juara Piala AFF U19 2013 dan Piala AFF U22 2019 itu.

Diskusi PSSI dan KNVB ini berbarengan dengan digelarnya acara "Oranje Indonesia Festival" pada 25 November 2022 di Jakarta.

Dalam kegiatan yang menghimpun para penggemar Timnas Belanda di Indonesia, KNVB mengirimkan perwakilannya yakni Ilja Dijkstra yang menjabat sebagai Kepala Strategi Pemasaran Internasional KNVB.

Belanda sendiri akan kembali bertanding pada laga lanjutan Grup A Piala Dunia 2022 dengan menghadapi Ekuador pada malam ini pukul 23.00 WIB.

Baca Juga: PSSI Gelar Sarasehan Bersama Suporter, Iwan Bule Ungkap Pentingnya Peran sebagai Pemain Kedua Belas



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x