Kompas TV olahraga sapa qatar

Inspirasi Arab Saudi di Balik Gagahnya Samurai Jepang Bikin Jerman Tak Berkutik

Kamis, 24 November 2022 | 05:13 WIB
inspirasi-arab-saudi-di-balik-gagahnya-samurai-jepang-bikin-jerman-tak-berkutik
Jepang berhasil mengalahkan Jerman di laga penyisihan Grup E Piala Dunia 2022 dengan skor 1-2, Rabu (23/11/2022). (Sumber: Twitter @FIFAWorldCup)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kemenangan mengejutkan tim samurai Jepang atas tim kuat Jerman ternyata terinspirasi dari laga perdana wakil Asia sebelumnya, yakni Arab Saudi yang mampu tumbangkan Argentina 2-1. 

Hasil Arab Saud tersebut ternyata jadi pelecut bagi anak asuh Hajime Moriyasu untuk terus kerja keras dan bermimpi bisa mengalahkan Jerman, meskipun sempat tertinggal 1-0 di babak pertama dan tampak seperti bakal menerima kekalahan.

"Kami menyaksikan laga Saudi dan berpikir kami bisa melakukannya (menang) dan hal itu persis yang kami lakukan," tutur Takuma Asano dilansir BBC, Rabu (24/11/2022) malam.

Baca Juga: Hasil Jerman vs Jepang: Comeback, Samurai Biru Bungkam Tim Panser 1-2 

Takuma Asano sendiri adalah pencetak gol penentu laga Jerman vs Jepang yang berkesudahan 2-1 bagi Jepang itu. 

Asano mengutarakan bahwa para pemain Nippon mengambil pelajaran penting dari kemenangan impresif Arab Saudi atas Argentina.

Kemenangan Jepang adalah kejutan besar kedua di Piala Dunia Qatar 2022 setelah Arab Saudi mengalahkan Argentina.

"Ini adalah mimpi menjadi nyata," tutur Asano.

Penderitaan Jerman mirip dengan yang dialami Argentina ketika mengalami kekalahan dari Arab Saudi pada laga perdana Grup C, Selasa (22/11).

Argentina juga sempat memimpin 1-0 setelah Lionel Messi berhasil menjalankan tugasnya dengan baik sebagai eksekutor dari titik putih pada menit ke-10.

Sama seperti Jerman, Argentina pun sukses mempunyai keunggulan 1-0 saat mengakhiri babak pertama dalam pertandingan kontra Arab Saudi.

Seperti Messi, gol penalti dari Ilkay Guendogan pada menit ke-33 tak mampu bawa Jerman membawa kemenangan perdana piala dunia.

Baca Juga: Hansi Flick: Jerman Kalah karena Jepang Lebih Efisien


Sumber : Kompas TV/BBC

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x