Kompas TV olahraga sapa qatar

Hansi Flick: Jerman Kalah karena Jepang Lebih Efisien

Kamis, 24 November 2022 | 01:30 WIB
hansi-flick-jerman-kalah-karena-jepang-lebih-efisien
Pelatih Timnas Jerman Hansi Flick menuturkan penyebab timnya kalah dari Jepang karena tidak bermain efisien. (Sumber: Twitter @DFB_Team_EN)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Jerman Hansi Flick mengatakan timnya kalah karena Jepang bisa tampil lebih efisien. 

Tim Panser memulai kampanye mereka di Piala Dunia 2022 dengan menelan kekalahan dari Jepang dengan skor 1-2 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Khalifa International, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022). 

Unggul lebih dulu berkat penalti Ilkay Gundogan, Jerman harus menelan pil pahit usai tim Samurai Biru bangkit di babak kedua lewat gol dari Ritsu Doan dan Takuma Asano. 

Seusai pertandingan, Flick tak bisa menyembunyikan kekecewaannya karena Jerman harus kalah di laga perdana Piala Dunia 2022.

"Kami sangat kecewa - tidak hanya saya sendiri, tetapi staf pelatihan dan para pemain," kata Flick dikutip dari laman resmi Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB). 

Mantan pelatih Bayern Munchen itu kemudian menyoroti bagaimana timnya gagal tampil efisien. Menguasai bola dengan persentase 78 persen serta punya banyak peluang, Jerman hanya bisa mencetak satu gol. Itu pun melalui titik putih. 

Sementara Jepang, meski lebih banyak bertahan, tim racikan Hajime Moriyasu itu sangat berbahaya dalam melancarkan serangan balik. Barisan lini depan mereka juga tampil bagus dengan bisa mengonversi peluang yang didapatkan menjadi gol. 

"Di babak pertama, kami memiliki 78 persen penguasaan bola, dan kami pantas unggul," lanjut Flick. 

Baca Juga: Hasil Jerman vs Jepang: Comeback, Samurai Biru Bungkam Tim Panser 1-2

"Pada tahap permainan di mana kami dominan, kami memiliki banyak peluang untuk mencetak gol, tetapi kami tidak memanfaatkannya."

"Jepang mengalahkan kami dengan menjadi lebih efisien," tuturnya. 

"Kesalahan individu yang kami buat di babak kedua tidak boleh terjadi. Kami sekarang perlu membangunkan para pemain."

"Kami tidak akan memiliki perjalanan pulang yang menyenangkan. Kami akan menganalisis permainan, tetapi kami juga melakukan beberapa hal dengan baik," imbuhnya.

Di laga selanjutnya pada Grup E Piala Dunia 2022, Jerman akan menghadapi lawan berat, yaitu Spanyol.

Jerman pun dituntut meraih angka penuh demi membuka peluang lolos ke babak selanjutnya. Apabila hanya meraih hasil imbang atau bahkan kalah, juara Piala Dunia 2014 itu bisa mengulang kegagalan di edisi 2018 ketika mereka juga gagal lolos dari fase grup. 

Flick pun meminta para pemainnya kembali fokus dan melupakan kekalahan dari Jepang. Ia pun yakin, timnya memiliki kemampuan untuk meraih kemenangan atas Spanyol. 

"Kami memiliki kualitas untuk mengalahkan Spanyol. Fokus kami sekarang hanya pada pertandingan itu," tegasnya.  

Baca Juga: Makna Gestur Tutup Mulut di Foto Tim Timnas Jerman, Sindir FIFA dan Qatar?


 

 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Santri Dukung Ganjar Gelar Doa Bersama

Selasa, 31 Januari 2023 | 13:38 WIB
Berita Daerah

Keluarga Serahkan ke Hakim Hukuman Eliezer

Selasa, 31 Januari 2023 | 13:32 WIB
Close Ads x