Kompas TV nasional kesehatan

Polio Naik Jadi 3 Kasus, Apakah Penyakit Polio Bisa Sembuh?

Kompas.tv - 23 November 2022, 14:51 WIB
polio-naik-jadi-3-kasus-apakah-penyakit-polio-bisa-sembuh
Ilustrasi penyakit polio. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus polio kembali ditemukan di Indonesia, bahkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menetapkannya sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). 

Penetapan KLB ini seiring ditemukannya satu orang anak berusia 7 tahun 2 bulan di Pidie, Aceh terkonfirmasi menderita penyakit Polio. 

Namun, pada Selasa (22/11/2023), Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut, kasus polio yang teridentifikasi di Kabupaten Pidie, Aceh bertambah dua kasus.

Dengan demikian, saat ini sudah ada tiga kasus polio yang dilaporkan di Pidie, Aceh.

"Jadi kita sudah identifikasi, kemarin tambah lagi kalau enggak salah sudah nambah jadi tiga di Pidie itu,” kata Budi Gunadi Sadikin dalam paparannya dalam rapat dengan Komisi IX DPR RI, Selasa.

Polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio. 

Mengutip dari laman Kemenkes, virus polio adalah Virus yang termasuk dalam golongan Human Enterovirus yang bereplikasi di usus dan dikeluarkan melalui tinja.


 

Penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan dengan kerusakan motor neuron pada cornu anterior dari sumsum tulang belakang akibat infeksi virus.

Polio dapat menyerang pada usia berapa pun, tetapi penyakit ini lebih sering menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun.

Baca Juga: Penyakit Polio: Ketahui Cara Penularan dan Pencegahannya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x