Kompas TV nasional kesehatan

Penyakit Polio: Ketahui Cara Penularan dan Pencegahannya

Kompas.tv - 22 November 2022, 17:21 WIB
penyakit-polio-ketahui-cara-penularan-dan-pencegahannya
Ilustrasi seorang anak melakukan vaksinasi polio. Cara penularan dan pencegahan Polio. (Sumber: AP Photo/Rahmat Gul)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satu kasus polio yang ditemukan di Kabupaten Pidie, Aceh, membuat pemerintah menetapkan Polio sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Pemberlakuan KLB lantaran bahaya polio bisa memicu kelumpuhan permanen bahkan hingga kematian.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengungkapkan, kemunculan kasus polio disebabkan oleh rendahnya imunisasi di Indonesia, termasuk Aceh. 

"Kalau lihat cakupan oral polio virus OPV dan IPV memang seluruh Indonesia rendah terutama saat Pandemi Covid-19," kata Maxi di Jakarta, Sabtu (19/11/2022).

Polio dapat menyerang pada usia berapa pun, tetapi paling sering, penyakit ini menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun.

Polio adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus Polio. Penyakit ini menyerang saraf dan bisa menyebabkan kelumpuhan, sulit bernapas, hingga yang paling fatal adalah kematian.

Cara Penularan Polio

Mengutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Polio merupakan salah satu penyakit yang menular.

Polio menyebar melalui kontak orang ke orang. Ketika seorang anak terinfeksi virus polio liar, virus masuk ke dalam tubuh melalui mulut dan berkembang biak di usus.

Ini kemudian dibuang ke lingkungan melalui faeces di mana ia dapat menyebar dengan cepat melalui komunitas, terutama dalam situasi kebersihan dan sanitasi yang buruk.

Baca Juga: Indonesia KLB Polio, Ini Gejala yang Perlu Diwaspadai dan Penyebabnya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.