Kompas TV regional berita daerah

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

Kompas.tv - 23 November 2022, 13:37 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

BALI, KOMPAS.TV - Indonesia secara resmi menyatakan kesiapan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dalam Presidensi G20 2022. "Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 di Ibu Kota Nusantara," kata Presiden Joko Widodo, dikutip dari siaran pers NOC Indonesia yang diterima Kompas.com, Rabu (16/11/2022).

Bach menambahkan, IOC pun menyambut baik keinginan dan kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 di IKN. Bach kagum dengan visi Presiden Joko Widodo yang ingin membangun kota yang memiliki model kehidupan sustainable, dengan penekanan khusus pada kesehatan dan olahraga.
IOC Future Host Commission akan menjalin komunikasi dengan IOC Member yaitu Erick Thohir dan Ketua Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari setelah adanya pernyataan Indonesia yang siap menggelar Olimpiade 2036.

"Kemarin, IOC Member kita Erick Thohir dan saya sebagai Presiden NOC Indonesia juga sudah memperlihatkan rencana IKN dalam bentuk digital sebelum Thomas Bach memberikan speech pada lunch leader KTT G20," tutur Raja Sapta. Raja Sapta juga mengatakan bahwa Presiden Bach juga sempat bertanya terkait fasilitas Olimpiade yang akan dibangun. Selanjutnya Raja Sapta menjelaskan bahwa NOC Indonesia akan langsung melanjutkan pekerjaan yang berkaitan dalam proses bidding Olimpiade, sehingga misi Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade pertama di ASEAN dapat terwujud

"Ini bukan semata-mata kita mencari keuntungan (profit), tetapi ada nilai yang lebih dari Olimpiade. Dampaknya akan luar biasa terhadap olahraga kita." "Indonesia punya DBON, di mana HUT Ke-100 Republik Indonesia kita sudah menjadi lima besar dunia. Kita boleh dong punya mimpi," ujar Amali. Indonesia bukan satu-satunya negara yang menyatakan minat untuk menggelar Olimpiade Musim Panas 2036. Selain Indonesia, beberapa negara lain yakni Mesir, Inggris, Qatar, dan Turki juga berkeinginan menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.
 

#presidensig20

#olimpiade2023diikn

#indonesiasiapjadituanrumah



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x