Kompas TV olahraga sapa qatar

Pesan Inklusi di Pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar

Kompas.tv - 21 November 2022, 04:35 WIB
pesan-inklusi-di-pembukaan-piala-dunia-2022-qatar
Salinan trofi raksasa yang dapat digelembungkan ditampilkan sebelum dimulainya pertandingan sepak bola grup A Piala Dunia antara Qatar dan Ekuador di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, Minggu, 20 November 2022. (Sumber: AP Photo/Darko Bandic)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

AL KHOR, KOMPAS.TV - Piala Dunia 2022 resmi dibuka pada Minggu (20/11/2022) di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar. 

Dalam upacara pembukaan Piala Dunia 2022 yang dimeriahkan oleh anggota boyband asal Korea Selatan, Jungkook BTS, pesan inklusif disampaikan Qatar selaku tuan rumah. 

Aktor kawakan Amerika Serikat Morgan Freeman tampil sebagai sosok yang membawa pesan bersama seorang pria asal Qatar yang mengalami gangguan tulang belakang langka di mana mereka duduk setara di atas panggung. 

Acara pembukaan Piala Dunia 2022 lalu berlanjut ketika Emir Qatar saat ini, Syekh Tamim bin Hamad Al Thani, membacakan pidato singkat yang disampaikan dalam bahasa Arab di suite mewah tempatnya duduk. 

Ia duduk bersama Presiden FIFA Gianni Infantino dan ayahnya, Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani, yang mengamankan Piala Dunia jatuh ke Qatar 12 tahun lalu.

“Betapa indahnya bagi orang-orang untuk menyampingkan apa yang memisahkan mereka untuk merayakan keragaman mereka dan apa yang menyatukan mereka pada saat yang sama,” kata Sheikh Tamim dalam bahasa Arab dikutip dari Associated Press

“Saya berharap semua tim yang berpartisipasi menampilkan performa sepak bola yang luar biasa, sportivitas tinggi, dan waktu yang penuh kegembiraan, semangat, dan kebahagiaan untuk Anda semua,” lanjutnya. 

“Dan biarlah ada hari-hari yang menginspirasi dengan kebaikan dan harapan.”

"Saya menyambut Anda dan semoga sukses untuk semua," pungkasnya dalam bahasa Inggris. 

Baca Juga: Benzema Absen di Piala Dunia 2022, Deschamps Ubah Peran Mbappe

Upacara pembukaan Piala Dunia 2022 dimaksudkan untuk memperkenalkan Qatar kepada dunia melalui budayanya dengan tema “menjembatani jarak”. 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x