Kompas TV nasional sosial

Berhasil Buat Akun e-Meterai, tapi Tak Bisa Beli Meterai Elektronik? Ini Solusinya

Kompas.tv - 17 November 2022, 21:08 WIB
berhasil-buat-akun-e-meterai-tapi-tak-bisa-beli-meterai-elektronik-ini-solusinya
Ilustrasi. Cara membeli e-meterai atau meterai elektronik. (Clique Images on Unsplash)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Meterai elektronik atau e-meterai telah diluncurkan oleh pemerintah pada 1 Oktober 2021 silam. Meterai ini memiliki kegunaan yang sama dengan meterai fisik, tetapi penggunaannya pada dokumen elektronik.

Seperti dijelaskan dalam PP Nomor 86 Tahun 2021, meterai elektronik bisa digunakan atau dibubuhkan pada dokumen elektronik melalui sistem tertentu. Sistem tersebut memanfaatkan situs e-meterai.co.id.

Bagi Anda yang ingin menggunakan meterai elektronik diharuskan melakukan pendaftaran terlebih dulu melalui situs e-meterai.co.id.

Baca Juga: Gagal Daftar Akun e-Meterai, Bagaimana Solusinya?

Untuk mendaftar, Anda harus memasukan data pribadi termasuk KTP dan alamat e-mail yang digunakan sebagai verifikasi diri.

Meterai elektronik memiliki harga yang sama dengan meterai tempel atau fisik yakni Rp10.000.

Terkadang terdapat berbagai permasalahan ketika menggunakan situs e-meterai. Salah satunya adalah tidak bisa membeli meterai elektronik padahal sudah membuat akun. Lantas bagaimana solusinya?


Baca Juga: Cara Membuat Akun untuk Beli e-Meterai dan Pilihan Pembayarannya

Solusi Gagal Beli Meterai Elektronik padahal Sudah Buat Akun

Situs meterai elektronik, e-meterai.co.id mengharuskan Anda untuk melakukan verifikasi kembali ketika akan membeli e-meterai.

Anda bisa melakukan verifikasi akun ketika login dan ingin membeli meterai elektronik dengan mengecek e-mail Anda, khususnya yang dikirimkan oleh pihak meterai elektronik.

"Anda tinggal menekan link verifikasi tersebut untuk dialihkan kembali ke halaman elektronik dengan notifikasi bahwa akun telah berhasil diverifikasi," bunyi penjelasan di situs e-meterai, dikutip Kamis (17/11/2022).

Baca Juga: Serba-serbi e-Materai: Cara Beli, Harga, dan Bagaimana Membubuhkannya

Bila Anda sudah meminta verifikasi akun untuk login tetapi belum melihatnya di kotak masuk e-mail Anda, coba cek folder spam di e-mail Anda.

"Apabila Anda tidak mendapatkan email tersebut, Anda dapat mengecek folder spam Anda atau menunggu beberapa saat (max 5 menit) hingga email tersebut muncul."



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x