Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Serahterimakan Presidensi G20 ke India: Saya Yakin, di Bawah PM Modi, G20 Terus Bergerak

Rabu, 16 November 2022 | 14:55 WIB
jokowi-serahterimakan-presidensi-g20-ke-india-saya-yakin-di-bawah-pm-modi-g20-terus-bergerak
Presiden Joko Widodo mengatakan, presidensi G20 selanjutnya akan dipimpin oleh India. (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

BALI, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengatakan, presidensi G20 selanjutnya akan dipimpin oleh India.

Jokowi  meyakini Presidensi G20 di tangan Perdana Menteri Narendra Modi, dapat terus bergerak mewujudkan pemulihan global serta pertumbuhan yang kuat.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi dalam pengesahan G20 Bali Leaders Declaration di KTT G20, Bali, rabu (16/11/2022).

“Yang mulia, saya juga ingin menyampaikan selamat kepada India yang akan melanjutkan kepemimpinan presiden G20 berikutnya. Amanah untuk menjaga dan mewujudkan pemulihan Global serta pertumbuhan yang kuat dan inklusif selanjutnya berada di tangan yang mulia Perdana Menteri Narendra Modi,” ucap Jokowi.

“Saya yakin, di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Modi, G20 akan terus bergerak.”

Baca Juga: Jokowi: Hasil G20 Bermanfaat bagi Dunia, Terutama Negara Berkembang

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga mengatakan, Indonesia sebagai sahabat India siap mendukung kesuksesan presidensi G20 di India.

“Sebagai sahabat India dan sebagai bagian dari troika tahun depan Indonesia siap untuk mendukung kesuksesan presidensi G20 India,” ujarnya.

Tidak hanya itu, dalam pernyataannya, Jokowi juga meminta kepada semua pemimpin negara G20 yang hadir untuk ikut memberikan dukungan kepada India.

“Saya juga meminta kepada semua pimpinan G20 yang hadir untuk mendukung India tahun depan,” kata Jokowi.

“Menandai berakhirnya presidensi Indonesia di G20, secara resmi menyerah terima tampuk kepemimpinan kepada India selaku presidensi G20 berikutnya.”

Baca Juga: Para Pemimpin G20 Kaget Lihat Tahura Bali, Jokowi: Ini Success Story


Sebelumnya, Presiden Jokowi menuturkan Presidensi Indonesia telah menghasilkan konkret deliverable yang berisi daftar proyek kerjasama negara anggota G20 dan undangan.

“Proyek kerjasama inilah, yang akan membantu membumikan kerja G20 lebih dekat dengan rakyat,” ucap Jokowi.

“Memastikan G20 bermanfaat tidak saja untuk anggotanya, namun juga bagi dunia dan utamanya negara-negara berkembang. Let us recover together, recover stronger,” ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi pun menyampaikan penghargaan kepada para pemimpin negara G20 dan delegasi yang hadir di Bali.

Baca Juga: Jokowi: Sebagai Presidensi G20, Indonesia Telah Mengupayakan Solusi Terbaik Selama Kepemimpinan

“Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua yang hadir, yang telah memberikan fleksibilitasnya, sehingga deklarasi dapat disepakati dan disahkan,” kata Jokowi.

“Saya juga ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Working Group dan Engagement Group atas dedikasi sumbangan, pemikiran, dan kontribusinya bagi Presidensi G20 Indonesia.”


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x