Kompas TV nasional rumah pemilu

KPU Terima Usulan Megawati Soal Nomor Urut Parpol Pemilu 2024 Tak Diubah, tapi Tidak Saklek

Kompas.tv - 16 November 2022, 11:04 WIB
kpu-terima-usulan-megawati-soal-nomor-urut-parpol-pemilu-2024-tak-diubah-tapi-tidak-saklek
Anggota KPU RI Idham Holik (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik menyebut, pihaknya memutuskan untuk tak melakukan pengundian nomor urut partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024. Artinya, nomor urut parpol akan disamakan dengan Pemilu 2019 lalu.  

Diketahui, usulan tersebut sempat dilontarkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Strategi Politik tiap Partai, Mampu Naikkan Elektabilitas Jelang Pemilu 2024?

“Berkenaan dengan nomor urut partai yang tidak diundi ya tentunya ini juga ada aspek positif, dimana masyarakat akan mudah mengingat ya nomor urut partai pada nomor urut sebelumnya,” kata Idham seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (15/11/2022).

Idham menjelaskan, keputusan itu dilakukan agar pemilh mudah mengingat dalam menentukan pilihannya pada pesta demokrasi nanti.

“Penomorurutan yang tetap atau yang tidak diubah ini dalam konteks neurologi ini recalling ya, jadi menstimulasi orang untuk mengingat.  Itu recalling,” ujarnya.

Idham berharap, usul agar nomor urut partai DPR tak diundi lagi dapat meningkatkan "party-ID" atau derajat kedekatan pemilih dengan partai politik yang saat ini disebut masih rendah.

Akan tetapi, di luar itu, Idham juga mengemukakan wacana agar persoalan undian ini tidak dibuat saklek, melainkan terbuka.

"Jadi bagi partai yang menginginkan menggunakan nomor urut sebelumnya silakan, tapi bagi partai parlemen yang menginginkan nomor urut baru ya nanti dilakukan pengundian," katanya.

Sebelumnyam, Megawati mengatakan alasan usulan itu guna menghemat alat peraga. Menurutnya, alat peraga akan menjadi beban jika tiap pemilu harus ganti karena nomor yang berubah.

"Jadi dari pihak PDIP, kami mengusulkan kepada KPU untuk melihat kembali, tapi pengalaman dua kali pemilu sebenarnya yang namanya tanda gambar itu, nomor itu sebenarnya saya katakan kepada Bapak Presiden dan Ketua KPU dan Bawaslu bahwa itu terlalu menjadi beban bagi partai," kata Megawati di Seoul, Korea Selatan, Jumat (16/9/2022).

Baca Juga: Golkar Pertimbangkan Usulan Megawati Soal Nomor Urut Parpol Tak Diubah di Pemilu 2024

"Karena secara teknis itu kan harus ganti lagi dengan bendera atau alat peraga yang begitu banyak, sehingga bagi kami itulah yang saya sampaikan," lanjutnya.
 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x