Kompas TV regional berita daerah

Festival Banjir Tahu, Warga Lumajang Berebut Tumpeng Tahu Raksasa Setinggi 6 Meter

Kompas.tv - 15 November 2022, 20:09 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Perajin tahu di Kabupaten Lumajang Jawa Timur menggelar festival banjir tahu, pada Senin (14/11/2022) malam. Ada 50 ribu biji tahu yang sudah digoreng lalu disusun rapi membentuk gunungan tumpeng raksasa setinggi 6 meter.

Tumpeng tahu berasal dari sumbangan para perajin tahu di Desa Kunir Kidul Kecamatan Kunir. Panitia menghabiskan bahan baku kedelai 1 ton lebih untuk membuat gunungan tahu tersebut.

Setelah tersusun rapi, tumpeng tahu raksasa diarak keliling desa menuju lapangan. Ada 20 orang lebih untuk bisa mengangkat tumpeng tahu. Usai tiba di lapangan, warga menggelar atraksi kesenian dan tari-tarian.

Baca Juga: Bupati Lumajang Hadir di Food Festival, Menyemangati Pelaku UMKM

Bupati Lumajang,Thoriqul Haq dan Wakilnya Indah Amperawati mengapresiasi semangat perajin tahu desa setempat. Pemkab Lumajang akan memasukkan festival banjir tahu sebagai agenda pariwisata. Karena selain sebagai wujud rasa syukur, kegiatan itu juga menjadi ajang untuk menggali potensi lokal.

Selanjutnya tumpeng tahu raksasa diperebutkan oleh warga. Tumpeng tahu aman untuk dikonsumsi karena pembuatannya diawasi oleh petugas kesehatan setempat.

 

#festivalbanjirtahu #perajintahu #lumajang




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x