Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Sempat Dikabarkan Masuk RS, Menlu Rusia Sergey Lavrov Hadiri Acara Puncak KTT G20

Kompas.tv - 15 November 2022, 09:55 WIB
sempat-dikabarkan-masuk-rs-menlu-rusia-sergey-lavrov-hadiri-acara-puncak-ktt-g20
Menlu Rusia Sergey Lavrov bersalaman dengan Presiden Jokowi saat tiba di Apurva Kempinski untuk acara puncak KTT G20 (15/11/2022). Lavrov sempat dikabarkan masuk RS namun muncul dengan menyatakan dirinya sehat. (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Kompas TV/Dina Karina )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sempat dikabarkan masuk rumah sakit, Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov terlihat datang ke acara puncak KTT G20 di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022) pagi. 

Lavrov datang dengan mobil pengawalan ketat. Begitu tiba di Apurva, ia disambut oleh marching band dari TNI.  Lavrov kemudian diarahkan untuk menemui Presiden Jokowi. Keduanya berbincang sebentar lalu berfoto bersama sambil berjabat tangan. 

Jokowi lalu mempersilakan Lavrov untuk masuk ke ruang konferensi. Setelah semua kepala negara berkumpul, Jokowi pun membuka KTT G20. 


Diberitakan Kompas TV sebelumnya, otoritas dan media Rusia membantah Sergey Lavrov dirawat di rumah sakit setibanya di Bali, Senin (14/11/2022). Kantor berita Rusia, TASS melaporkan Lavrov telah mengonfirmasi secara langsung bahwa dirinya tidak berada di rumah sakit.

Baca Juga: Acara Puncak KTT G20, PM Inggris Rishi Sunak Hingga PM Kanada Justin Trudeau Tiba di Lokasi

Usai kabar Lavrov dilarikan ke rumah sakit menyebar, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, membagikan video Lavrov sedang membaca dokumen di hotelnya. Ia mengenakan celana pendek dan kaos.

"Saya sedang berada di hotel. Saya membaca materi untuk pertemuan tingkat tinggi besok," kata Lavrov.

Sebelumnya, Associated Press melaporkan Lavrov mesti dilarikan ke Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah, Denpasar.

Hal tersebut dikonfirmasi tiga pejabat pemerintahan Indonesia yang berbicara secara anonim. Menurut laporan Associated Press, Lavrov dilarikan ke rumah sakit terkait masalah jantung.

Baca Juga: Tari Pendet Sambut 37 Tamu VVIP G20, Pemprov Bali Habiskan Rp400 Juta untuk Para Penari

Menanggapi laporan tersebut, Zakharova menyebutnya sebagai "kepalsuan" dari media Barat. Lavrov sendiri menyampaikan bahwa jurnalis Barat semestinya "lebih jujur."

"Dan untuk sepuluh tahun mereka telah menulis tentang presiden kami (Vladimir Putin) yang jatuh sakit. Secara umum, ini adalah permainan yang tidak baru dalam politik," kata Lavrov.

Baik Lavrov ataupun Zakharova tidak menyinggung apakah menteri luar negeri itu sempat mengunjungi rumah sakit lalu dipulangkan atau tidak mengunjungi rumah sakit sama sekali.

Dilansir Sky News, Gubernur Bali I Wayan Koster pun meluruskan bahwa Lavrov sempat mengunjungi rumah sakit untuk "pengecekan kesehatan", kemudian "langsung dipulangkan."



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x