Kompas TV entertainment lifestyle

7 Cara Menghilangkan Bau Badan, Bahannya Murah dan Mudah Didapatkan

Kompas.tv - 12 November 2022, 12:25 WIB
7-cara-menghilangkan-bau-badan-bahannya-murah-dan-mudah-didapatkan
Cara menghilangkan bau badan (Sumber: www.liverdoctor.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV – Bau badan muncul saat bakteri di kulit bersentuhan dengan keringat. Kulit kita secara alami memang ditutupi dengan bakteri.

Melansir Cleveland Clinic, saat kita berkeringat, air, garam, dan lemak bercampur dengan bakteri tersebut dan menimbulkan bau tak sedap.

Bau tiap orang pun berbeda-beda. Ada yang biasa, tidak enak, enak, atau tidak berbau sama sekali.

Bau badan juga dipengaruhi oleh makanan, hormon, atau obat-obatan. Faktor lain yang dapat memengaruhi bau badan antara lain olahraga, stres atau kecemasan, cuaca panas, kelebihan berat badan, dan genetika.

Beberapa kondisi medis dan penyakit juga bisa menyebabkan perubahan aroma badan kita, di antaranya seperti:

  • Diabetes
  • Asam urat
  • Menopause
  • Tiroid yang terlalu aktif
  • Penyakit hati
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit menular

Pada penderita diabetes, perubahan bau badan bisa menjadi tanda ketoasidosis terkait diabetes. Kadar keton yang tinggi menyebabkan darah menjadi asam dan bau.

Untuk yang menderita penyakit hati atau ginjal, mungkin akan mengeluarkan bau badan seperti pemutih karena penumpukan racun di tubuh.


Baca Juga: Orang yang Bau Badannya Sama Ternyata Lebih Cepat Berkawan, Ini Fakta Penelitiannya

7 Cara Menghilangkan Bau Badan

Ada beberapa alternatif cara untuk menghilangkan bau badan. Mengutip Stylecraze, berikut beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau badan.

1. Minyak kelapa atau coconut oil

Bahan yang diperlukan selain minyak kelapa yakni 1 sendok teh bubuk asam sitrat, dan 1 cangkir air. Cara menggunakan minyak kelapa sebagai obat alami untuk menghilangkan bau badan sebagai berikut:

  1. Gosokkan minyak kelapa langsung ke bagian badan yang sering mengeluarkan keringat, seperti ketiak.
  2. Campurkan 1 sendok teh bubuk asam sitrat dengan secangkir air untuk membilas bagian badan yang digosok minyak kelapa.
  3. Keringkan tubuh dengan handuk dan oleskan minyak kelapa. Hal ini bisa dilakukan setiap hari sebagai cara untuk menghilangkan bau badan.

2. Minyak Pohon Teh atau Tea Tree Oil 

Tea tree oil adalah antiseptik alami dan memiliki sifat antibakteri. Bahan yang diperlukan, 2 sendok teh tea tree oil dan 2 sendok makan air. Caranya:

  1. Encerkan 2 sendok teh minyak pohon teh dengan 2 sendok makan air
  2. Oleskan campuran tersebut langsung pada ketiak dan area lain. Bisa dilakukan setiap hari.

3. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dikenal karena kemampuannya untuk membunuh dan mencegah pembentukan bakteri sehingga dapat mencegah terbentuknya bau badan yang tidak sedap.

Bahan yang diperlukan adalah cuka sari apel, bola kapas, dan air (opsional). Caranya:

  1. Cuka sari apel dapat langsung dioleskan ke ketiak dan bagian tubuh lainnya menggunakan bola kapas.
  2. Sebagai alternatif, setengah cangkir cuka sari apel dapat dicampur dengan satu cangkir air dan digunakan sebagai deodoran.

Ini adalah alternatif deodoran yang dibeli di toko, yang dapat digunakan secara teratur sesuai kebutuhan.

4. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan dan asam tanat yang bisa membantu menghilangkan bau badan dari dalam. Cara meramu teh hijau menjadi obat alami untuk menghilangkan bau badan adalah sebagai berikut:

  1. Rebus air secukupnya dalam teko dan tambahkan daun teh hijau.
  2. Diamkan hingga agak dingin, lalu ambil ampasnya. Oleskan, ampas teh hijau ini ke area badan Anda yang sering mengeluarkan keringat yang berbau tidak sedap.
  3. Adapun minuman teh hijau dapat Anda minum untuk membantu mengatasi bau badan tidak sedap dari dalam.

Disarankan untuk mengoleskan ampas teh hijau hanya di hari-hari tertentu saja, tidak dianjurkan setiap hari karena bisa membuat kulit kering untuk beberapa jenis kulit.

5. Air Lemon

Sifat air lemon bisa menurunkan pH tubuh, yang akan membuat bakteri sulit bertahan hidup di kulit kita. Sehingga, air lemon bisa menjadi obat alami untuk menghilangkan bau badan Anda. Caranya:

  1. Potong lemon menjadi dua bagian dan gosokkan langsung pada ketiak Anda. Biarkan hingga benar-benar kering. Cuci bersih dengan air hangat.
  2. Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda bisa mengencerkan air lemon dengan beberapa tetes air lalu mengoleskannya pada ketiak. Ini bisa dilakukan setiap hari.

6. Tomat

Sifat asam pada tomat bisa membunuh bakteri yang ada pada kulit kita. Sementara sifat astringennya bisa mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi keringat yang memicu bau badan. Caranya:

  1. Isi bak mandi Anda dengan air hangat, lalu tambahkan jus tomat 450 gram atau 473 ml.
  2. Lalu, berendamlah di bak mandi tersebut dengan rileks selama 20-30 menit. Anda bisa melakukan cara ini 3-4 kali seminggu.

7. Air Mawar

Air mawar bersifat astringen, yaitu bisa mengurangi ukuran pori-pori yang ada pada kulit. Selain itu, air mawar bisa mengurangi produksi keringat dan memberikan aroma bunga pada badan kita. Caranya:

  1. Campurkan 3 sendok makan air mawar dengan 1 sendok makan cuka sari apel
  2. Simpan campuran ini dalam botol dan semprotkan pada ketiak dan bagian tubuh lainnya kapan pun diperlukan. Ini bisa dilakukan setiap hari. 


Sumber : Kompas TV/Stylecraze.com/Cleveland Clinic


BERITA LAINNYA



Close Ads x