Kompas TV regional berita daerah

2 Tahun Membenahi Jember, Hendy-Firjaun Dorong Desa Mandiri Dan Jemberpreneurship (2)

Kompas.tv - 11 November 2022, 20:40 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur menorehkan sejumlah prestasi yang luar biasa jelang 2 tahun kepemimpinan Hendy Siswanto dan Muhammad Balya Firjaun Barlaman. Di tanggal 27 Oktober 2022 kemarin, Pemkab Jember menerima penghargaan Satya Lencana Pratama dan Satya Lencana Ekonomi Desa dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemen PDTT).

Penganugerahan Satya Lencana Ekonomi Desa merupakan bukti Pemkab Jember serius mendorong Desa agar menjadi maju dan mandiri. Pemkab Jember dinilai cepat dalam melakukan transformasi perubahan BKAD (eks PNPM) menjadi BUMDESMA (Badan Usaha Milik Desa Bersama) dibandingkan Kabupaten/Kota lainnya.

“Ada Desa yang dulunya memiliki dana PNPM, (namun) dananya tidak terpakai dan kini diusahakan dipakai kembali dengan membentuk BUMDES. Nah baru Pemkab Jember yang bisa meng-SK-an (membentuk pengurus), kami urusan perizinannya dan sudah selesai, 26 desa itu sudah jadi BUMDESMA,” ujar Hendy Siswanto, pada acara Talkshow di KompasTV Jember, Kamis (10/11/2022).  

Baca Juga: Bupati Jember Resmikan Rose Monumen, Ikon Desa Penghasil Bunga Mawar

Pemkab Jember selanjutnya akan membantu BUMDESMA itu berkembang sehingga dapat menjadi penggerak ekonomi desa. Karena di BUMDESMA ada dana yang dapat dikelola untuk usaha, yang keuntungannya dapat dibagi ke anggotanya.

“Kami memberikan peluang sebesar-besarnya pada teman-teman BUMDESMA, mereka (BUMDESMA) bisa ambil pekerjaan di Pemkab, seperti pengadaan kuliner atau makanan untuk Pemkab atau untuk sekolah-sekolah. BUMDESMA berdampak positif bagi anggota-anggotanya, karena mereka akan mendapatkan hasil akhir,” terang Hendy.   

Baca Juga: Lin Kuning Jadi Angkutan Wisata, Berwisata di Jember Jadi Lebih Asyik

Hendy juga akan mensupport BUMDESMA, karena sistemnya bagus. Jika dikelola secara benar akan menjadi usaha yang menguntungkan dan tentunya dapat melahirkan pengusaha-pengusaha Jember yang mandiri atau Jemberpreneur.

“Sistem semacam ini (BUMDESMA) keren, karena dapat menjadikan Jemberpreneurship atau Jember tempatnya pengusaha-pengusaha sukses, mandiri dan tidak bergantung pada pemerintah, karena pemerintah hanya mensupport dan menstimulus dengan APBD,” harap Hendy Siswanto.

 

#bumdesma #desamandiri #pemkabjember #bupatijember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x