Kompas TV regional berita daerah

KSOP Gorontalo Buka Gerai Pas Kecil Gratis Kepada Nelayan Bone Bolango

Kompas.tv - 11 November 2022, 19:05 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS TV - Melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Gorontalo, Kementrian Perhubungan menyerahkan Pas kecil kepada nelayan di pesisir pantai Bone Bolango Gorontalo.

Penyerahan Pas Kecil secara simbolik oleh Bupati Kabupaten Bone Bolango Gorontalo Hamim Pou didampingi kepala KSOP Gorontalo Taher Laitupa.

Pada gerai pas kecil yang yang digelar KSOP Gorontalo, ada kurang lebih 500 kapal nelayan yang diberikan Pas Kecil secara gratis.

Kepala KSOP Gorontalo Taher Laitupa menyatakan, secara bertahap, KSOP akan memberikan Pas Kecil kepada nelayan sebanyak 2 ribu lebih, hingga tahun 2024.

Pas kecil bagi kapal nelayan diberikan dengan tujuan untuk melindungi hak keselamatan nelayan saat berlayar, yang bisa dimanfaatkan untuk jaminan pinjaman bank untuk kredit usaha yang berujung pada peningkatan kesejahteraan nelayan.

Taher Laitupa berharap, kapal-kapal nelayan yang belum memiliki status hukum kapal dan belum tersertifikasi keselamatan, bisa langsung mendaftarkan diri melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat, yang menjadi fasilitator di daerah.

Pemerintah setempat mengapresiasi pelaksanaan gerai Pas Kecil  yang digelar KSOP Gorontalo, Hamim Pou bilang, Gerai Pas Kecil yang digelar secara gratis, akan memberikan manfaat besar bagi warganya, khususnya nelayan tradisional. Hamim Pou juga mengapresiasi KSOP Gorontalo yang turut mempromosikan lokasi wisata hiu paus pada pelaksanaan Gerai Pas Kecil.

Selain menyerahkan pas kecil secara gratis, KSOP Gorontalo juga menyerahkan sejumlah alat keselamatan gratis kepada nelayan, seperti life jaket dan pelampung .

 

#ksop

#paskecil

#nelayan

#bonebolango

#gorontalo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x