Kompas TV regional berita daerah

Curigai Covid-19 Varian XBB, Dinkes Kota Semarang Kirim Sampel Uji WGS

Kompas.tv - 11 November 2022, 10:40 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sesuai arahan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Kota Semarang saat ini tengah mengumpulkan sampel dari pasien Covid-19 untuk dilakukan pemeriksaan Whole Genome Sequences atau WGS di Labkesda Provinsi Jawa Tengah. Upaya tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah Covid-19 varian XBB sudah masuk ke Kota Semarang.

Syarat pemeriksaan WGS yakni ketika ada satu klaster tingkat penyebaran cepat, memiliki gejala dan ternyata vaksin sudah lengkap namun timbul gejala, maka diprioritaskan untuk dilakukan penelitian WGS. Setelah dilakukan WGS untuk beberapa sampel tersebut, harapannya Dinas Kesehatan Kota Semarang bisa melakukan langkah antisipatif untuk menekan penyebaran kasus Covid-19.

"Pasien-pasien yang masuk puskesmas disertai batuk dan pilek, kita lakukan pemeriksaan. Beberapa ada yang positif. Kita tidak tahu apakah itu XBB atau tidak maka kita lakukan pemeriksaan WGS," ujar Abdul Hakam.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam, juga membenarkan jika saat ini kasus Covid-19 di Kota Semarang semakin hari semakin meningkat. Bahkan pasien dengan keluhan batuk pilek yang datang ke puskesmas setelah dilakukan random sampling, dinyatakan ada beberapa yang terkonfirmasi positif Covid-19.

#covid19 #xbb #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x