Kompas TV olahraga sepak bola

Dokumen Sudah Ditandatangani Jokowi, Sandy Walsh dan Jordi Amat Selangkah Lagi Bela Timnas Indonesia

Kompas.tv - 10 November 2022, 00:05 WIB
dokumen-sudah-ditandatangani-jokowi-sandy-walsh-dan-jordi-amat-selangkah-lagi-bela-timnas-indonesia
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat (kanan) dan Sandy Walsh (kiri). (Sumber: Instagram PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sandy Walsh dan Jordi Amat selangkah lagi bisa membela Timnas Indonesia usai dokumen proses naturalisasinya ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo. 

"Dua calon pemain tim nasional Indonesia, Jordi Amat Maas dan Sandy Walsh tinggal satu langkah lagi untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI). Sebab, proses naturalisasi keduanya sudah resmi ditandatangani Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi)," tulis PSSI, Rabu (9/11/2022). 

Sebelum dokumen mereka ditandatangani oleh Jokowi, Sandy dan Jordi sudah menjalani serangkaian kegiatan seperti interview di Badan Intelijen Negara (BIN), kemudian menjalani tes kesehatan atau medical check up di sebuah rumah sakit di Jakarta, serta sudah mendapatkan rekomendasi dari Komisi III dan Komisi X DPR RI.

Dengan begitu, Sandy dan Jordi tinggal menyelesaikan satu langkah lagi dalam proses naturalisasinya, yaitu pengambilan sumpah WNI. 

"Jordi dan Sandy hanya tinggal menjalani satu tahap proses lagi, yaitu mengucap sumpah menjadi seorang WNI agar bisa mewujudkan mimpinya bisa membela Timnas Indonesia. Selepas pengambilan sumpah nanti, keduanya sah menjadi seorang WNI," bunyi pernyataan PSSI. 

Baca Juga: Pada Bahasan Shayne Pattynama, Menpora: Naturalisasi Jangka Pendek, Pembinaan Tetap Utama

Apabila proses naturalisasi keduanya bisa selesai tepat waktu, maka Sandy dan Jordi akan memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022.

Batas pendaftaran pemain untuk Piala AFF 2022 sendiri terakhir pada 20 November. 

Piala AFF 2022 bakal bergulir pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Timnas Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Di sisi lain, kekuatan Timnas Indonesia juga bisa bertambah. Sebab, satu pemain naturalisasi lainnya, yaitu Shayne Pattynama, juga semakin dekat untuk jadi WNI. 

Bek kiri berdarah Belanda itu masih harus menunggu tanda tangan dari Presiden Jokowi. Shayne sendiri baru saja mendapatkan rekomendasi dari Komisi X dan Komisi III DPR RI untuk melanjutkan proses naturalisasi untuk menjadi WNI.  

Baca Juga: Komisi III DPR RI Setuju Naturalisasi Shayne Pattynama, Selangkah Lagi Bela Timnas Indonesia


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x