Kompas TV feature 100 hari keliling indonesia

Bima Suci Sang Pengarng Samudera

Kompas.tv - 9 November 2022, 20:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Tiga jurnalis Kompas TV mengikuti pelayaran 91 Hari KRI Bima Suci bersama 102 Taruna Akademi Angkatan Laut. 18 Juli 2022 KRI Bima Suci memulai etape pertama tujuan Surabaya - Jakarta. Lambaian tangan dan rasa bangga dirasakan para orang tua Taruna dari dermaga KOARMADA II Surabaya, Jawa Timur menjadi penanda kapal berlayar menuju ibukota Jakarta.

Dalam episode ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang kapal layar latih TNI Angkatan Laut Republik Indonesia yaitu KRI Bima Suci yang merupakan penerus dari KRI Dewa Ruci. KRI Bima Suci adalah kapal dengan tiga tiang utama yang diberi nama "Tanggap, Tanggon dan Trengginas" nama yang disematkan sebagai representatif dari sikap taruna selama menempuh pendidikan di TNI AL. Kemampuan berlayar KRI Bima Suci tak perlu diragukan karena dilengkapi dengan teknologi navigasi canggih sesuai standar organisasi maritim internasional dan berpredikat kapal ramah lingkungan. Meski KRI Bima Suci memiliki mesin modern, kapal ini masih berlayar menggunakan tenaga angin sehingga para Taruna benar-benar mempelajari teknik berlayar tradisional. Bersama Komandan KRI Bima Suci, kita akan mengetahui seluk beluknya hingga pelajaran apa saja yang akan diterima Taruna selama 91 Hari.

Di Jakarta kapal berlabuh di dermaga Kolinlamil Tj Priok, Jakarta Utara setelah itu para taruna unjuk kebolehan menampilkan berbagai kesenian dan musik di kawasan Kota Tua Jakarta. Tiga hari bersandar di Jakarta, KRI Bima Suci akan melanjutkan etape berikutnya yaitu Singapura sebagai destinasi luar negeri pertama.

#TNIAL #AkademiAAL #TarunaAL #91HariBimaSuci #DokumenterKompasTV #KRIBimaSuci #JalasvevaJayamahe



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x