Kompas TV regional sosial

Gratis Naik Bus Trans Jatim di Hari Pahlawan 10 November

Kompas.tv - 8 November 2022, 18:16 WIB
gratis-naik-bus-trans-jatim-di-hari-pahlawan-10-november
Foto Arsip - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan bus Trans Jatim pada Agustus lalu. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

SURABAYA, KOMPAS.TV – Biaya Bus Trans Jatim digratiskan pada 10 November yang bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menuturkan, pembebasan tarif selama satu hari penuh ini merupakan layanan dari Pemprov Jatim untuk memperingati Hari Pahlawan.

Dengan demikian, Khofifah berharap masyarakat bisa memanfaatkan momen ini semaksimal mungkin.

"Kami harap minat masyarakat menggunakan transportasi umum Bus Trans Jatim akan semakin meningkat sehingga mengurangi kepadatan kendaraan," ujar Khofifah dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/11/2022).

Adapun, Dinas Perhubungan Jatim mencatat penumpang angkutan massal Trans Jatim berkisar 3.500-4.000 orang per hari.

"Dengan adanya pembebasan tarif di Hari Pahlawan diharapkan peralihan masyarakat dari penggunaan kendaraan roda dua ke angkutan umum bertambah," ungkap mantan Menteri Sosial itu.

Baca Juga: Bus Trans Jatim Rute Sidoarjo-Surabaya-Gresik Resmi Beroperasi, Ini Tarifnya...


 

Selain itu, Khofifah turut menjelaskan, bus Trans Jatim dilengkapi dengan fasilitas keamanan. Setiap armada Bus Trans Jatim telah dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang menunjang keamanan berkendara.

"Silakan memanfaatkan layanan Bus Trans Jatim. Busnya nyaman dan aman. Juga sudah dilengkapi dengan teknologi yang canggih," terangnya.

Rute Bus Trans Jatim

Bus Trans Jatim diluncurkan pada pertengahan Agustus lalu. Sejak itu sebanyak 22 armada bus Trans Jatim beroperasi melayani Koridor I.

Moda transportasi ini berangkat pulang pergi (PP) dari Terminal Porong Sidoarjo, melintasi rute tujuan Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih, Sidoarjo, dan berakhir di Terminal Bunder Gresik.

Pada hari-hari biasa, Bus Trans Jatim bisa dimanfaatkan masyarakat dengan tarif yang sangat terjangkau. Untuk umum Rp5 ribu, sedangkan pelajar sekolah atau santri Rp2.500.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x