Kompas TV internasional kompas dunia

Korea Utara: Uji Coba Rudal adalah Latihan untuk Menyerang Korea Selatan dan Amerika Serikat

Kompas.tv - 7 November 2022, 21:58 WIB
korea-utara-uji-coba-rudal-adalah-latihan-untuk-menyerang-korea-selatan-dan-amerika-serikat
Militer Korea Utara, Senin (7/11/2022), mengatakan rentetan uji coba rudalnya adalah latihan untuk menyerang "tanpa ampun" target-target penting Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) seperti pangkalan udara dan sistem komando operasi dengan berbagai rudal, yang kemungkinan termasuk senjata nuklir. (Sumber: Yonhap)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

SEOUL, KOMPAS.TV — Militer Korea Utara, Senin (7/11/2022), mengatakan rentetan uji coba rudalnya adalah latihan untuk menyerang "tanpa ampun" target-target penting Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) seperti pangkalan udara dan sistem komando operasi, dengan berbagai rudal, yang kemungkinan termasuk senjata nuklir, seperti dilaporkan Associated Press.

Pengumuman Korea Utara menggarisbawahi tekad pemimpinnya, Kim Jong Un, untuk tidak mundur dalam menghadapi dorongan saingannya untuk memperluas latihan militer mereka.

Tetapi beberapa ahli mengatakan Kim juga menggunakan latihan gabungan Korea Selatan dan AS sebagai alasan untuk memodernisasi persenjataan nuklirnya dan meningkatkan pengaruhnya dalam urusan masa depan dengan Washington dan Seoul.

Korea Utara menembakkan lusinan rudal dan menerbangkan pesawat tempur ke arah laut pekan lalu, memicu peringatan evakuasi di beberapa wilayah Korea Selatan dan Jepang, sebagai protes atas latihan angkatan udara besar-besaran AS-Korea Selatan yang dianggap Korea Utara sebagai latihan invasi.

Menanggapi itu, pejabat AS dan Korea Selatan mengatakan akan lebih meningkatkan pelatihan bersama mereka dan memperingatkan Korea Utara bahwa penggunaan senjata nuklir akan mengakibatkan berakhirnya rezim Kim.

"Operasi militer terkait baru-baru ini oleh Tentara Rakyat Korea (KPA) adalah jawaban yang jelas dari (Korea Utara), bahwa semakin gigihnya gerakan militer provokatif musuh, semakin teliti dan tanpa ampun KPA akan melawan mereka," kata Staf Umum Korea Utara dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh media pemerintah.


Baca Juga: Korea Utara Kutuk Latihan Militer AS dan Korea Selatan, Sebut Provokasi Terbuka dan Berbahaya

Militer Korea Utara, Senin (7/11/2022), mengatakan rentetan uji coba misilnya adalah latihan untuk menyerang "tanpa ampun" target-target penting Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) seperti pangkalan udara dan sistem komando operasi dengan berbagai rudal, yang kemungkinan termasuk senjata nuklir. (Sumber: Yonhap)

Pernyataan tersebut mengatakan tes senjata melibatkan rudal balistik yang sarat dengan hulu ledak dispersi dan hulu ledak infiltrasi bawah tanah yang dimaksudkan untuk meluncurkan serangan ke pangkalan udara musuh; rudal darat-ke-udara yang dirancang untuk "memusnahkan" pesawat musuh pada ketinggian dan jarak yang berbeda, dan rudal jelajah strategis yang jatuh di perairan internasional sekitar 80 kilometer dari kota pesisir tenggara Korea Selatan, Ulsan.

Militer Korea Utara mengatakan pihaknya juga melakukan uji coba penting rudal balistik dengan hulu ledak fungsional khusus yang bertujuan untuk melumpuhkan sistem komando operasi musuh.

Ini bisa berarti simulasi serangan tegangan elektromagnetik, tetapi beberapa pengamat meragukan apakah Korea Utara telah menguasai teknologi utama untuk mendapatkan kemampuan serangan seperti itu.

Pernyataan militer Korea Utara tidak secara eksplisit menyebutkan peluncuran rudal balistik antarbenua yang dilaporkan pada Kamis (3/11/2022) yang ditujukan untuk menghantam daratan AS, meskipun surat kabar utamanya menerbitkan foto senjata mirip ICBM sebagai salah satu yang digunakan selama kegiatan pengujian minggu lalu.

Beberapa ahli mengatakan banyak rudal Korea Utara lainnya yang diluncurkan pekan lalu adalah senjata berkemampuan nuklir jarak pendek yang menempatkan target militer utama di Korea Selatan, termasuk pangkalan militer AS di sana, dalam jangkauan serangan.

Pada Senin, militer Korea Selatan membantah beberapa laporan Korea Utara tentang uji coba misilnya.

Juru bicara militer Korea Selatan, Kim Jun-rak, mengatakan pihaknya tidak mendeteksi peluncuran rudal jelajah Korea Utara dan penting untuk dicatat bahwa Korea Utara tidak menyebutkan apa yang dinilai Seoul sebagai peluncuran abnormal oleh ICBM.

Baca Juga: Korea Utara Layangkan Ancaman Nuklir, AS Jawab dengan Pamer Kekuatan Pesawat Pengebom Supersonik

Korea Utara menambah rentetan demonstrasi senjata pada Sabtu (5/11/2022) dengan meluncurkan empat rudal balistik ke laut. Sebelumnya AS telah menerbangkan pesawat B-1B. (Sumber: AP Photo)

Latihan angkatan udara "Vigilant Storm" tahun ini antara Amerika Serikat dan Korea Selatan adalah yang terbesar untuk manuver latihan militer musim gugur selama ini. Latihan tersebut melibatkan 240 pesawat tempur termasuk jet tempur canggih F-35 dari kedua negara.

Korea Selatan dan Amerika Serikat awalnya berencana menggelar latihan selama lima hari yang berakhir pada Jumat (4/11/2022), tetapi memperpanjang pelatihan hingga Sabtu (5/11/2022) sebagai reaksi terhadap uji coba rudal Korea Utara.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x